Pedagang Berebut Ingin Divaksin Duluan, Disdak Sebut Dua Pasar 3.610 Orang

Pasar Gede Solo tampak dari jalan Jendral Sudirman akan menjadi sasaran vaksinasi pedagang, Sabtu 27/2.

KBRN,Surakarta: Sejumlah 3.610 Pedagang Pasar Gede dan Pasar Klewer Solo akan menerima suntikan vaksin Covid 19 tahap pertama. Penyuntikan vaksin dilakukan Sabtu 27 Februari bersamaan pencanangan Walikota Surakarta yang baru Gibran Rakabuming Raka.

Kepala Dinas Perdagangan Surakarta Heru Sunardi mengatakan, sudah menyelesaikan pendataan jumlah pedagang di Pasar Gede dan Pasar Klewer yang menjadi sasaran pertama penyuntikan vaksin. Adapun jumlah pedagang di Pasar Gede 610 orang.

"Jumlah ini meningkat dari data sebelumnya yang hanya pemilik Surat Hak Penempatan (SHP) kios dan Los," kata Heru Kamis (25/2/2021).

Kemudian di Pasar Klewer sejumlah 3.000 terdiri dari pedagang dan beberapa warga pasar. Heru menyampaikan seusai dilantik Walikota Terpilih Gibran akan meninjau persiapan vaksinasi di Pasar Gede. "Mungkin beliau besok akan langsung memantau persiapan vaksinasi," ujarnya.

Heru mengatakan sudah memetakan teknis penyuntikan vaksin agar tidak terjadi antrean dan kerumunan. Dimana pedagang dijadwal bergiliran untuk menerima vaksin. Seremonial pencanangan vaksinasi pedagang di Pasar Gede dulu kemudian dilanjutkan ke Pasar Klewer. 

"Vaksinasi pasar Sabtu 27 Februari, kalau rencana nanti jam 8. Itu kan 2 titik, nanti dari Pasar Gede terus bergeser ke Pasar Klewer. Pelaksanaannya setelah seremonial. Nanti pak walikota baru melaunching disitu. Selesai, baru nanti medis melakukan vaksin," beber mantan camat Pasarkliwon itu.

Sementara terkait teknis vaksinasi DKK akan melakukan screening kesehatan, bilamana tidak memenuhi syarat atau mempunyai penyakit bawaan tidak dilakuakn vaksin. 

Terpisah Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede Solo Jumadi mengatakan, hampir seluruh pedagang siap menerima vaksin. Pihaknya bersyukur pedagang kota Solo mendapatkan prioritas menerima vaksin agar ekonomi segera bangkit.

“Kami sudah mengetahui secara langsung, sama Bu Ning (kepala DKK). Saya tahu persis sorenya saya koordinasi dengan para pedagang. Ini memang masing-masing sudah siap dan mengharapkan adanya vaksin Covid-19 ini kebahagiaan bagi para pedagang karena Pasar Gede dan Pasar Klewer diutamakan setelah Pasar Tanah Abang," ungkap Jumadi.

Jumadi mengatakan, selain pedagang sebenarnya karyawan pedagang, tukang becak, juru parkir semua ingin mendapatkan vaksin. Semua akan diakomodir namun vaksinasi dilakukan bertahap. Jika dihitung seluruhnya warga Pasar Gede mencapai 1.170 jiwa.

“Ya pengen semua, malah justru andaikata didata per orang saya dulu saya dulu gitu. Tapi kan ini data berdasarkan SHP, jadi yang kita utamakan yang SHP dulu, lainnya harap sabar nanti bertahap," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00