FOKUS: #PPKM

Mulai 17 Agustus, Operasional KRL Jogja-Solo Sampai Stasiun Palur, Catat Jadwalnya

KBRN,Surakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah dan KAI Commuter mulai 17 Agustus 2022 akan melakukan uji coba pelayanan pengguna dengan perjalanan KRL lintas Solo Balapan – Palur. 

Pada tahap uji coba ini, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 6 perjalanan KRL tiap harinya yang melayani Stasiun Palur dan Stasiun Solojebres.

Terdapat penyesuaian jadwal KRL Yogyakarta - Solo PP untuk mengakomodir kebutuhan perjalanan KRL hingga ke Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur. Namun jadwal baru tersebut tidak jauh berbeda dengan jadwal sebelumnya karena hanya memperpanjang relasi krl hingga ke stasiun palur. KRL tetap melayani 20 KA pada hari kerja dan 24 KA pada hari libur.

Sebelumnya KAI Commuter bersama PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian tengah telah melakukan uji coba perjalanan KRL lintas Solo Balapan hingga Stasiun Palur pada 5-6, dan 12-13 April 2022 lalu untuk uji sinkronisasi sarana dan prasarana. 

Sementara pada tanggal 20-26 Juni 2022 lalu dilakukan uji coba perjalanan KRL dengan pengguna terbatas. 

Uji coba pengoperasian perjalanan KRL tersebut dilakukan setelah selesainya pekerjaan Pembangunan Elektrifikasi Jalur KA lintas Solo Balapan – Solo Jebres – Palur oleh BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah. Pembangunan Elektrifikasi Jalur ini dimulai pada tahun 2020 dan selesai pada tahun 2022 ini.

Dalam pengoperasian tersebut, KAI Commuter dan KAI Daop 6 Yogyakarta juga telah melakukan persiapan untuk memenuhi standar pelayanan di Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur seperti pemenuhan kursi tunggu bagi pengguna dan pengguna prioritas, toilet termasuk toilet disabilitas, Guiding block (ubin disabilitas), kursi roda untuk peengguna disabilitas, dan layanan lainnya. 

Untuk fasilitas transaksi pembelian tiket KRL, KAI Commuter menyediakan sebanyak 3 gate elektronik di stasiun Solo Jebres dan 5 gate elektronik di Stasiun Palur. Di masing-masing stasiun juga sudah dilengkapi dengan loket dan Vending machine untuk memudahkan transaksi pembelian tiket. 

Untuk mengatur flow pengguna, KAI Commuter juga menyiagakan petugas Passenger service dan petugas pengamanan di setiap stasiunnya.

Untuk melihat jadwal pemberangkatan dan tarif perjalanan KRL Yogyakarta-Solo-Palur pengguna bisa mengakses aplikasi KRL Access. Nantinya penggunaan perjalanan KRL ini akan memangkas waktu 10 menit jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi darat dari Stasiun Solo Balapan di wilayah Kota Surakarta menuju Stasiun Palur di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Diharapkan  dengan pengoperasian perjalanan KRL pada lintas Solo Jebres – Palur ini dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan mobilisasi dengan mennggunakan transportasi publik khususnya KRL menuju wilayah di Kota Surakarta, Klaten dan Kota Yogyakarta. KAI Commuter juga berharap dengan beroperasinya perjalanan KRL ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar Kabupaten Karanganyar. Rilis/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar