Indonesia Shopping Festival 2022, Geber Pemulihan Ekonomi Solo

KBRN, Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta sangat konsen terhadap pemulihan ekonomi pasca panedemi Covid 19, dengan pameran di pusat perbelanjaaan terus digeber.

Dalam hal ini Assosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia APPBI resmi membuka Indonesia Shopping Festival ISF 2022 di Solo Paragon Mall.

Event belanja berlangsung 11 – 21 Agustus di Pusat Perbelanjaan di Indonesia Yakni Jakarta, Banten, Yogyakarta, Surabaya dan Palembang sekaligus dalam rangka merayakan HUT Proklamasi ke- 77 RI.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, mall menjadi salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, jika nanti ada aturan yang mengharuskan Pemkot menutup Mall lagi lantaran kasus Covid-19, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka tegas tidak akan melakukanya.

"Perputaran transaksi di Mall sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Solo," kata Gibran, Sabtu (13/8/2022).

Di samping itu banyak tenaga kerja yang menggantungkan hidupnya di Mall. Namun demikian jika Mall di tutup akan banyak tenaga kerja dirumahkan sehingga daya beli masyarakat kembali turun. “Kasihan nanti kalau maoll tutup ,banyak pekerja di sana," jelasnya.

Ketua Umum DPP Assosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia APPBI,Alphonzus Wijaya mengatakan pihaknya pihaknya menaruh perhatian besar terhadap geliat ekonomi di Kota Solo. Perkembangan ekonomi khususnya Pusat Perbelanjaan di Kota Solo, DPP APPBI bahkan membentuk Cabang Solo.

“Dibandingkan anggota kami 388 Mall di seluruh Indonesia, perkembangahn Solo sangat pesat. Mall di Solo lebih cepat pulih okupansi rata-rata mall pada 2020 sekitar 50 persen, kemudian naik sedikit pada 2021, jadi 60 persen. Nah tahun ini targetnya okupansi mencapai 90 persen,” jelasnya.

Indonesia Shopping Festival 2022 diselenggrakan serentak di 388 mall anggota APPBI di seluruh Indonesia. Berlangsung selama 11 – 12 Agustus mendatang.

Alphonzus memasang target transaksi sebesar Rp 8 trilyun dari semua mall. Pihaknya optimistis target itu dapat tercapai. Melihat daya beli masyarakat yang sudah mulai kembali tinggi pasca pandemi.

Sementara Kepala BI Solo, Nugroho Joko Prastowo mendukung penuh event yang tujuannya menggerakkan ekonomi di masyarakat. Bahkan dirinya optimistis transaksi di Mall Kota Solo selama event tembus sekitar Rp 500 juta. Fatimah

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar