FOKUS: #G20

Pertama di Indonesia Layanan Drive-Thru Grab dan OVO, Bayar PKB, PBB dan PDAM Hanya 5 Menit

KBRN, Surakarta: Grab dan OVO kembali membuat inovasi dan terobosan dalam memudahkan layanan masyarakat. Kali ini Inovasi Grab dan OVO kembali hadir di Kota Solo untuk memudahkan masyarakat membayar pajak.

Mulai dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan PDAM. Grab dan OVO menghadirkan layanan Drive-Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) kerja bareng dengan Pemkot Solo. 

Layanan yang dibuka di Galabo (Gladag Langen Boga) Kota Solo ini merupakan yang pertama kali diterapkan di Indonesia dan menghadirkan beragam manfaat. 

Launching layanan Drive-Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) dihadiri President of Grab Indonesia - Ridzki Kramadibrata, Walikota Surakarta - Gibran Rakabuming Raka, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Andriyani Sasanti, Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra dan Atlet ASEAN Para Games Indonesia asal Solo Setyo Budi Hartanto.

Karaniya Dharmasaputra mengungkapkan peluncuran layanan Grab OVO Drive-Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) di Galabo, kelanjutan dari Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (PATRIOT). Program itu untuk mendorong perluasan dan percepatan digitalisasi daerah. Layanan ini mencakup pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan, Pajak Bumi Bangunan, dan PDAM.

“Masyarakat dapat membayar PBB, PKB, dan tagihan PDAM sekaligus melalui layanan Drive-Thru ETP ini hanya dalam waktu 5 (lima) menit, tanpa antre dan tanpa perlu parkir. Selain itu, masyarakat juga dapat mencetak bukti transaksi/struk, termasuk mencetak STNK secara langsung saat transaksi," ungkap Karaniya.

Manfaat Layanan Drive-Thru Grab OVO Elektronifikasi Transakasi Pemda di antaranya, praktis, hanya 5 menit, tanpa harus antre. Masyarakat jadi bisa menunaikan kewajiban sebagai warga negara di sela-sela waktu dan aktivitasnya.

Layanan ini lebih ramah lingkungan. Bagi masyarakat yang memerlukan bukti pelunasan pajak namun tidak dalam bentuk fisik, Layanan Grab OVO Drive-Thru ETP juga menyediakan opsi pengiriman bukti pembayaran secara digital atau melalui surat elektronik. 

Layanan Grab OVO Drive-Thru ETP, terobosan yang sejalan dengan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP).

Para pengguna OVO yang membayar PKB, PBB dan PDAM di Layanan Grab OVO Drive-Thru ETP berkesempatan menikmati cashback hingga sebesar Rp 40.000,- selama periode 28 Juni 2022 sampai dengan 28 Juli 2022.

"Hadirnya layanan Drive-Thru pembayaran pajak ini sangat membantu saya. Sebagai seorang atlet tentunya keseharian saya disibukkan dengan jadwal latihan yang padat. Dengan adanya drive-thru ini, saya jadi gampang melakukan pembayaran karena praktis dan tidak perlu antri. Semoga ke depannya layanan ini bisa diperluas untuk pembayaran pajak lainnya,” kata Setyo Budi Hartanto, Atlet ASEAN Para Games Indonesia asal Solo, yang akan memperkuat kontingen Indonesia APG di Solo 2022. Fatimah

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar