Bea Cukai Surakarta Jalin Kerjasama Dengan RRI Surakarta Majukan UMKM Solo Raya

Bea Cukai Surakarta Jalin Kerjasama Dengan RRI Surakarta Majukan UMKM Solo Raya.

KBRN, Surakarta: RRI Surakarta dan Bea Cukai Surakarta mendukung Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Solo Raya untuk berkembang ke tingkat ekspor. Hal itu disampaikan saat kegiatan Media Visit Bea Cukai ke RRI Surakarta, Jumat (24/6/2022).

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso menjelaskan, pihaknya berkolaborasi dengan Ditjen Pajak dan LPEI membentuk Rumah Export untuk mendukung UMKM.

"Kami berinisiasi dengan Ditjen Pajak dan LPEI membentuk rumah export. Rumah export ini intinya kolaborasi antar semua institusi untuk mendukung UMKM," jelas Budi.

Dalam waktu dekat, Bea Cukai Kota Surakarta juga akan membentuk Desa Devisa di Sukoharjo untuk mendorong produk-produk UMKM diekspor ke luar negeri.

"Dalam waktu dekat ini, kami juga akan merealisasikan Desa Devisa, di Gawok Sukoharjo. Nah ini mau kita dorong, kita support untuk produk-produknya ini bisa ke luar negeri. Tidak hanya menjadi macan kandang. Kalo bea cukai kan konsepnya export, jadi kita dukung mereka sehingga pasarnya bisa ke luar negeri." ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala LPP RRI Surakarta, Atik Hindari menyambut positif langkah tersebut. Sebab RRI Surakarta sangat konsen dalam memajukan UMKM, dibuktikan dengan menjalin kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM.

"Kantor kita juga sudah bekerja sama dengan Kementerian UMKM. RRI ini kan media yang sampai ke mana-mana yang masih didengar," jelas Atik.

Selain itu, Atik menyampaikan RRI juga akan memproduksi acara Klinik UMKM, dengan melakukan kerja sama terutama dengan pembina UMKM. Sehingga diharapkan dapat mengangkat kelas UMKM untuk dapat ekspor.

"Kami juga akan ada acara yang namanya Klinik UMKM. Jadi di daerah ini bagaimana satker bisa mengangkat UMKM bekerja sama terutama dengan pembina UMKM," jelasnya (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar