Pedagang Pasar Mebel Pindah, Pembangunan IKM Gilingan Mulai Juni

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Surakarta Wahyu Kristina (Kanan).

KBRN, Surakarta: Pedagang Pasar Mebel Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, hari ini Senin (23/5/2022) mulai pindah pasar darurat di Kawasan Setabelan. Pemindahan lokasi berjualan ini menyusul lokasi pasar lama akan dibangun sentra industri kecil menengah (IKM) oleh Kementerian Perindustrian.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Diskop UKM dan Perin) Surakarta, Wahyu Kristina mengatakan pembangunan sentra IKM di eks Pasar Mebel Gilingan akan dimulai pada Juni 2022 dengan anggaran sebesar Rp 46 miliar.

Menurutnya sentra IKM ini akan dilengkapi showroom sebagai tempat pelatihan bagi pedagang. Sehingga pedagang akan diseleksi untuk bisa masuk ke sentra IKM Gilingan.

"Karena di situ ada showroom, tidak jualan, jadi kan konsepnya bukan IKM di sini bisa masuk semua. Jadi nanti dikurasi," terang dia. 

Ina panggilan akrab Wahyu Kristina mengatakan pembangunan sentra IKM Gilingan ditargetkan selesai pertengah Desember 2022.

"Target pembangunan sentra IKM Gilingan selesai pada pertengahan Desember 2022. Memang nanti ada bangunan yang belum selesai dilanjutkan tahun berikutnya," ungkap dia.

Bagi pedagang pasar mebel yang tidak masuk ke sentra IKM Gilingan mereka akan direlokasi di eks Bong Mojo, Kecematan Jebres, Solo. Rencananya pembangunan pasar mebel di eks Bong Mojo akan dilaksanakan pada Februari 2023.

Perwakilan pedagang Pasar Mebel Gilingan, Kelik Yulianto (62) berharap pedagang bisa dibangunkan satu ruangan khusus untuk produksi di pasar mebel yang baru di eks Bong Mojo.

"Jadi yang diharapkan pedagang ada ruang produksi ada ruangan untuk berjualan di pasar mebel yang baru," kata Kelik. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar