Harga Minyak Di Pasar Tradisional Masih Tinggi, Di Toko Modern Sudah 14 Ribu Per Liter

Ilustrasi minyak goreng kemasan doc

KBRN, Surakarta: Harga minyak di pasar tradisonal Solo masih tinggi, meski pemberlakuan kebijakan pemerintah untuk harga minyak goreng disamakan 14 ribu per liter, baik kemasan maupun curah sudah diberlakukan sejak, Selasa (18/1/22) lalu.

Sementara, dari pantauan RRI, harga di toko modern sudah memberlakukan 14 ribu per liter dengan berbagai merek.

Salah satu pedagang eceran minyak goreng di Pasar Legi Solo, Siti mengatakan, harga minyak kemasan dari berbagai merek masih dijual berkisar antara 18 ribu hingga 20 ribu per liter.

Sedangkan harga minyak goreng curah juga masih 19 ribu per kilogram. 

"Harganya yang kemasan masih 18 ribu sampai 20 ribuan, kalo curah masih 19 ribu per kilo," jelasnya kepada RRI, Kamis (20/1/22).

Ketika ditanya terkait kebijakan pemerintah untuk pemberlakuan harga minyak goreng 14 ribu per liter Siti menyebut, sudah mengetahui hal tersebut. 

Namun, karena harga untuk pembelian stok masih tinggi, sehingga ia masih menjual harga lama. 

"Kalo sekarang penjulannya masih stabil," tandasnya.

Meskipun diakui Siti, sejumlah pelanggan sempat tidak membeli minyak goreng karena mencari ke tempa lain yang sudah menyesuaikan penurunan harga. 

"Saya jualnya masih tinggi, sunco itu masih 40 ribu 2 liter ,hemar 19 ribu 1 liter  masih tinggi, nanti klo turun jadi rugi, penjualannya juga masih lancar," bebernya

Sementra itu, dari pantauan di swalayan seperti alfamart dan indogrosir, sudah memberlakukan harga 14 ribu perliter sejak, Rabu (19/1/22) kemarin. 

Menurut pegawai swayalayan indogrosir, Adi, untuk harga minyak goreng kemasan sudah diharga 14 ribu per liter. 

Meski diakuinya, penjualan minya juga masih dibatasi yang minimal 2 liter per orang. Pembatasan itu dilakukan karena dari supliyer masih dibatasi. 

"Indogrosir sudah memberlakukan 14 ribu per liter sejak kemarin, tapi masih terbatas minimal 2 pcs per orang," terangnya.

Disisi lain pedagang minyak goreng besar dipasar Legi juga masih menjual harga lama dengan per karton 224 ribu sedangkan penjualnnya juga masih lanacar, karena perubahan harga baru kemarin.

Lid/Arga

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar