FOKUS: #PPKM

20 Januari Pasar Legi Diresmikan, Oleh Presiden Jokowi atau Puan Maharani?

KBRN, Surakarta: Seluruh pedagang Pasar Legi kini telah kembali berjualan di lokasi pasar yang baru. Setelah pedagang masuk, kini pasar akan segera diresmikan.

Informasi yang dihimpun RRI menyebutkan, Pasar yang menampung 2.009 pedagang itu akan diresmikan Kamis 20 Januari 2022. Kabar yang berhembus Presiden Joko Widodo akan meresmikan penggunaan kembali Pasar Legi setelah dibangun ulang oleh Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU-PR). 

Namun juga ada kabar peresmian pasar Induk terbesar di Solo Raya akan dilakukan Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri PU-PR Basuki Hadi Moeljono. Lalu siapa yang bakal hadir untuk meresmikan Pasar Legi?

Walikota Gibran Rakabuming Raka tidak menampik perihal rencana peresmian Pasar Legi pada pekan ini. Pemkot bakal melakukan rapat koordinasi terkait dengan kesiapan peresmian Pasar Legi dengan Kementerian.

"Itu acara (yang punya kerja peresmian) Kementrian PUPR. Kita tunggu hasil rapat hari ini," ungkap Walikota Gibran Rakabuming di Balaikota Senin (17/1/2022).

Ditanya siapa yang bakal meresmikan Pasar Legi Gibran juga belum dapat memastikan. Namun pihaknya mendapatkan jadwal rangkaian kunjungan kerja Ketua DPR RI Puan Maharani di wilayah Solo Raya salah satunya ke Pasar Legi.

"Mbak Puan jadwalnya sudah keluar, sejak hari Rabu ke Klaten dan Sragen. Kalau Mbak Puan ke Pasar Legi. Kalau Bapak Presiden belum tahu, belum keluar jadwalnya. Kemungkinan datang belum tahu, undangannya dari Kementerian," beber Gibran.

Pasar Legi dibangun ulang setelah terbakar hebat pada 2018 lalu. Pembangunan pasar tradisional peninggalan era Pura Mangkunegaran itu digelontor anggaran Rp 104,3 miliar dari APBN.

Pasar itu menampung 2.009 pedagang yang menempati kios dan los. Sedangkan pedagang oprokan sekitar 800 orang yang menempati lantai tiga. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar