Realisasi Penyerapan APBN Untuk Produk UMKM Baru 27 persen, Mentri Koperasi dan UKM Teten Masduki: Perlu Kepastian Pasar

KBRN, Surakarta: Pendekatan market atau pasar menjadi sangat penting bagi UMKM supaya ada kepastian pasar dan kepastian harga sehingga pembeayaan akan mudah masuk.

Hal ini disampaikan Mentri Koperasi dan UKM Teten Masduki usai menyaksikan penandatanganan MoU antara Kementrian Koperasi dan UKM dengan PT Fast Retailing Indonesia-Uniqlo Indonesia di Paragon Mall, Selasa (28/9/21).

Itulah sebabnya menurut Teten, bank kurang berminat membeayai di sektor produktif karena tidak ada kepastian market.

"Kita sedang memetakan seluruh produk di lembaga daerah yang produknya bisa dikurasi sehingga bisa masuk dalam jaringan retail moderen termasuk ke online," bebernya.

Terkait dengan 40 persen belanja pemerintah yang harus menyerap produk koperasi dan UMKM, Teten mengatakan, realisasinya baru 27 persen dari 400 trilliun rupiah lebih. Namun Ia optimis, sampai dengan akhir tahun bisa mencapai 40 persen.

”Realisasinya dari 446 triliun-nan untuk tahun ini, baru 27 persen, tapi kita optimis sampai akhir tahun bisa 40 persen, 100 persen, karena itu saya sekarang dengan Kepala2 Dinas terus menyiapkan UMKM2 yang bisa memasok menjadi vendor pengadaan pemerintah termasuk juga yang dikerjasamakan dengan retail2 moderen,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan penandatanganan MoU, PR Manager Uniqlo Indonesia Stefani Saragih mengatakan sebagai suport kepada pelaku bisnis UKM lokal yang sudah terjalin lebih dari 96 UKM yang salah satunya adalah Kota Solo.

”Kolaborasi kita dengan para UKM lokal, para pelaku bisnis lokal dimana itu bagian dari suport atau dukungan kita untuk membangun bisnis para pelaku UKM lokal dan itu sudah berlangsung sejak tahun 2019, dan sudah ada di 15 kota dan sudah lebih dari 96 UKM yang salah satunya adalah kota Solo,” jelasnya.

Saat ini di Kota Solo ada sekitar 8 produk unggulan UKM lokal yang dipajang di Uniqlo dan juga dilampirkan QR Barcode, sehingga apabila para pengunjung ingin informasi lebih tentang UKM tersebut, bisa langsung men-scan QR Barcode tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00