Senengnya Petani, Harga Jagung Tinggi

KBRN, Klaten : Sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten sebagian sudah mulai panen jagung. Sentra jagung di wilayah Klaten seperti  Kecamatan Tulung, Jatinom, Trucuk, Bayat, Wedi, Manisrenggo, Prambanan dan Kecamatan Jogonolan.

Untuk harga sekarang ini dinilai cukup bagus dan menguntungkan bagi para petani. Kisaran harga untuk jagung pipilan kering bisa mencapai lima ribu rupiah per kilogram.

Salah seorang petani jagung di Desa Tangkisanpos Jogonalan Klaten Juremi mengaku harga jagung cukup bagus. Begitu juga dengan harga tebasan juga lumayan bagus. Per pathok atau luas 2.200 meter persegi kurang lebih 6-7 juta rupiah.

“Lumayan baguslah bulan-bulan akhir ini.harga jagung per kilo gram (jagung pipilan kering) sampai 5.200 rupiah. Harga tebasan paling banyak per pathok sampai tujuh juta rupiah,” ungkap Petani Tangkisanpos Jogonalan Juremi kepada RRI Sabtu (25/9/2021).

Juremi menambahkan jika dibanding dengan tanaman padi, harga jagung sekarang lebih baik untuk wilayah tersebut.

Di wilayah itu tanaman jagung ada yang ditebaskan dan ada pula yang panen sendiri.

Sedangkan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klaten Erni  mengatakan petani tentunya antusias  karena jagung itu merupakan alternatif  pertama di lahan-lahan kering biasanya habis penen padi.

 “Petani untuk saat ini tentunya antusias. Karena jagung itu merupakan alternatif pertama di lahan-lahan kering bagi petani setelah menanam padi. Sudah cukup baguslah petani sudah mendapatkan hasil dengan harga lima ribu sampai enam ribu,” kata Erni kepada RRI.

Luas tanaman jagung di Klaten tahun 2021 bulan Januari sampai Agsutus lebih dari 7 ribu hektar. Untuk luas panen sampai dengan Agustus  mencapai 3 ribu 800 hektar dengan produktivitas 8 ton per hektar.

“Prakiraan panen bulan Septembeer sampai Oktober  di Klaten 4.753 ha,” tambahnya.

(Adam Sutanto /WW)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00