FOKUS: #PPKM MIKRO

Keren, Miniatur Kendaraan Karya Warga Bugisan Prambanan Klaten

Miniatur sepeda motor karya Bagus Budiyanto warga Bugisan Kecamatan Prambanan Klaten.

KBRN, Klaten : Pandemi covid-19 dan juga adanya PPKM telah berdampak secara luas bagi masyarakat. Namun bagi Bagas Budianto (29) warga Kampung Purwodadi Desa Bugisan Prambanan Kabupaten Klaten justru dapat memunculkan ide kreatif. 

Setelah melihat di youtube  dirinya dalam tiga bulan terakhir mencoba membuat miniatur kendaraan roda dua dan roda empat. Bahan yang digunakan barang-barang bekas seperti pipa pralon.

“Cuma melihat di YouTube kayae lucu dan unik terus terpikirkan ingin mencoba. Bahannya pipa pralon atau pvc. Sementara baru buat miniatur kendaraan,” ungkap Bagus Budiyanto kepada wartawan Minggu (19/9/2021).

Untuk membuat satu buah miniatur kendaraan sepeda motor dapat diselesaikan  dalam waktu tiga hari, tergantung kerumitannya seperti membuat mesin. 

Jika dirupiahkan  setiap satu unit miniatur sepeda motor kisaran 150 ribu sampai 500 ribu rupiah dan untuk mobil 250 sampai 700 ribu rupiah. "Pesanan sementara ini masih sekitar Prambanan,” jelasnya. 

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan miniatur kendaran itu seperti  pralon untuk membuat bodi, sepon untuk roda, jarum pentul untuk jeruji, dan alumunium.

Surahmad  warga Klaten mengapresiasi yang dilakukan Bagus tersebut meskipun dikerjakan secara manual menjadi produk yang kreatif

“Miniatur kendaraan yang dikerjakan mas Bagus ini cukup menarik apalagi bagi penghobi sepeda motor seperti saya. Kalau bisa sih lebih banyak lagi jenisnya seperti vespa atau kendaran-kendaraan klasik," katanya. 

Harapannya dengan semakin banyak jenis, akan semakin banyak peminat mengingat sekarang ini cukup banyak komunitas sepeda motor model lawas. (Adam Sutanto /WW)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00