FOKUS: #PPKM MIKRO

Dua Hari Dibuka, Pasar Klitikan Notoharjo Masih Sepi Pedagang

Pasar Klitikan Notoharjo
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat meninjau pasar Klitikan Notoharjo

KBRN, Surakarta: Pasar Tradisional Klitikan Noto Harjo di Kota Surakarta yang telah dua hari diperbolehkan buka ternyata belum diketahui para pedagang.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka disela-sela peninjauan didampingi Dinas Perdagangan beserta jajarannya, Rabu (28/07/21) menjelakan, sebenarnya keinginan pelonggaran PPKM level 4 dengan membuka beberpa pasar non esensial agar roda perekonomian cepat berputar.//

"Ya intinya kita pengen ya pasar-pasar terutama yang non esensial ini buka lagi. Soalnya kasihan mereka terdampak dan harus tutup selama ppkm. Ini semoga segera bisa berputar roda ekonomi di surakarta," ungkapnya.

Tetapi karena kekurang tahuan, belum sepenuhnya direspon pedagang, sehingga sosialisasi akan dilakukan agar pasar ramai kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pengunjung juga dibatasi.

“Saya lihat belum semua pedagang buka, mungkin ada yang belum tahu. Tapi ya kita usahakan lah agar bisa segera ramai lagi tapi dengan prokes yang ketat. Nanti di pasar-pasar biasanya ada rondha masker. Yang penting ini lah ekonomi jalan, tapi kesehatan juga tetep dijaga. Soalnya kita masih di ppkm level 4,” jelasnya.

Sementara, Lurah Pasar Notoharjo, Triyanto membenarkan jika pembukaan pasar belum sepenuhnya diketahui para pedagang. Tetapi sesuai aturan tetap dilaksanakan protokol kesehatan ketat yang berkoordinasi dengan satpam, diantaranya pengunjung dibatasi 50%, rondha masker dan tutup hingga pukul 15.00 WIB.

“Pembatasan jumlah pengunjung, kita koordinasi dengan satpam bahwa untuk pembatasan pemberlakuan 50 persen juga penutupan jam 3 sore. Pengunjung pasti satpam di depan selalu memberikan himbauan agar pasar tidak ditutup lagi,” jelasnya.

Di pasar Klitikan Notoharjo Terdapat seribu 18 kios yang terdiri dari pedagang elektronik, onderdil, barang antik, dan kuliner.

Selain Pasar Notoharjo di Kota Solo ada 14 pasar di PPKM level 4 ini yang sudah diperbolehkan buka diantaranya pasar Singosaren, Pasar Gilingan, Pasar Triwindu, Pasar Depok, Pasar Klewer serta Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center (BTC).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00