FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Dekranasda Dorong Sinergi Semua Pihak Dalam Membangkitkan Industri Kreatif

KBRN, Surakarta: Kota Solo dinilai memiliki industri kreatif yang luar biasa dengan kekayaan seni budaya yang adiluhung. Seperti kerajinan wayang, batik, keris, dan kuliner. 

Bahkan batik tulis Solo menjadi produk kas Indonesia yang mampu ekspor. Bahkan sentra batik di berbagai skala terus tumbuh dan berkembang seperti kampung Batik Laweyan dan Kauman.

Ketua Dekranasda Kota Solo Selfi Ananda berharap dukungan kepada semua pihak untuk bersinergi dalam memberikan ruang seluas luasnya tumbuhnya industri kreatifitas di Kota Surakarta. Menurutnya, Dekranasda Surakarta mempunyai peran penting untuk pengembangan kegiatan ekonomi. 

"Salah satunya untuk mendukung peningkatan dan kemampuan ketrampilan para pelaku dalam menghadapi persaingan global," ungkap Selfi Ananda disela pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Dekranasda di Sentra IKM Kreatif Semanggi, Pasarkliwon, Senin (21/6/2021).

Untuk pengembangan ekonomi kreatif itu setiap kelurahan didorong memunculkan keunggulan masing masing baik seni budaya, Sentra kerajinan, dan usaha usaha Produktif lainnya.

Adapun masalah yang di hadapi para UKM managemen pasar, pembiayaan usaha, kemitraan usaha yang dapat diatasi dengan memaksimalkan jejaring e-commerce.

"e-commerce dalam memperluas jangkauan pangsa pasar menjadi penting dilakukan setiap pelaku industri kreatif."

Lanjut Selfi dengan Pengembangan ekonomi kreatif agar go internasional dibutuhkan kemitraan yang strategis, antara pemerintah dengan para pelaku Industri kerajinan. Dalam memperluas pasarnya dengan berkoordinasi dengan Bank Indonesia dan Dinas Pariwisata dalam pendampingan.

Sementara Sekda Kota surakarta Ir Ahyani dalam sambutannya mengungkapkan, untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif dengan pencitraan atau promosi memerlukan perpaduan sinergitas antara Pemkot dan Dekranasda.

"Upaya kreatif dan terobosan itu saya dukung dalam kondisi makro perekonomian yang cenderung semakin berat. Dan optimis terhadap kemajuan kota solo manakal melaui citra kota yang positif pada iklim usaha yang kondosif mengembangkan warisan seni dan budaya dalm kehidupan sehari hari," jelasnya. Siti/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00