FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Tes GeNose Akan Digunakan untuk Penumpang Bandara Solo, Ini Ketentuannya

Airport Operasi Service and Security Senior Manager BIAS, Riyaman saat memberikan keterangan pers terkait rencana penggunaan tes GeNose di bandara BIAS.

KBRN, Surakarta: Screening Covid-19 dengan GeNose akan diberlakukan di Bandara Adi Sumarmo Solo (BIAS). Tes GeNose ini untuk calon penumpang pesawat.

Airport Operasi Service and Security Senior Manager BIAS, Riyaman mengungkapkan, tes GeNose akan dimulai 29 April 2021. Tes ini  sebagai salah satu pilihan, selain rapid Antigen  guna mengantisipasi penyebaran covid-19.

"Tes GeNose khusus melayani penumpang yang sudah mempunyai tiket," kata Riyaman kemarin.

Mengingat keterbatasan peralatan, tes GeNose di BIAS sementara hanya bisa melayani 20 persen dari jumlah penumpang. Untuk penumpang yang memilih GeNose bisa datang 3 jam sebelum jadwal penerbangan, agar tidak terjadi keterlambatan.

"Tes GeNose akan dimulai tanggal 29 April 2021 namun kami berharap tanggal 23 april 2021 semua peralatan, kebutuhan sudah dipersiapan dan tersedia di bandara," bebernya.

Untuk pemeriksaan GeNose pihaknya bekerjasama dengan anak perusahaan PT Angkasa Pura Support sebagai pelasana di lapangan. 

Sementara masyarakat yang sering menggunakan moda transportasi udara Dika Warga, Kentingan, Jebres, Solo menyambut positif akan di buka layanan Tes Screening GeNose. Pasalnya dengan Tes GeNose bisa lebih irit biaya, karena lebih murah sangat membantu.

"Saya sangat senang sekali dengan akan dibukanya tes GeNose karena saya sering bolak balik Jakarta-Solo bisa setiap 3 bulan sekali. Tes ini lebih murah dari pada anti gen yang mencapai Rp 170.000," ungkapnya.

Karena peralatan terbatas kuota untuk Tes GeNose di bandara perhari 200 orang. Rencananya Tes GeNose di buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk biaya sama dengan bandara lain yang sudah menerapkan di bandara Surabaya dan Yogyakarta Internasional Airport YIA sebesar Rp 40.000. Siti/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00