70 Perlintasan Liar Ditutup Bertahap, Terbaru Di Polokarto Sukoharjo

KBRN, Surakarta: Perlintasan liar yang ada di wilayah PT KAI Daop 6 Yogyakarta termasuk di jalur Purwosari hingga Wonogiri ditutup secara bertahap. Perlintasan liar itu kesalahan menjadi penyebab kecelakaan.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengungkapkan, penutupan berlangsung di semua Wilayah Daop 6 Yogyakarta. Termasuk di jalur Purwosari Solo hingga Wonogiri tepatnya di desa Bugel, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo.

Menurut Eko, penutupan dilakukan setelah manajemen melakukan pengecekan perlintasan Solo - Wonogiri memastikan prasarana terawat dengan baik dan penjagaan sesuai ketentuan.

"Kegiatan cek lintas ini bertujuan memastikan prasarana dengan baik penjaga yang berjalan. Kita kemudian melakukan penutupan perlintasan sebidang yang tidak dijaga. Perlintasan liar yang ditutup Desa Bugel Polokarto, Sukoharjo," beber Eko Budianto, Rabu (9/9/2020).

Pengecekan sekaligus sebagai persiapan jika nanti Railbus Batara Kresna kembali bekerja. Mengingat selama kereta diliburkan masyarakat banyak yang mengabaikan. 

"Ini sebagai persiapan jika nanti Railbus Batara Kresna mulai menjelaskan. Karena selama ini masyarakat abai. Kendaraan diparkir di atas rel hingga menyeberang di perlintasan liar," Eko.

Berdasarkan data pertahun 2018 jumlah perlintasan yang dijaga di Wilayah Daop 6 Yogyakarta sebanyak 120 perlintasan. Tanpa penjagaan 240 perlintasan Underpass 13 perlintasan dan flyover 14 perlintasan. "Dari jumlah itu yang sudah tutup ada di Wonogiri 70 perlintasan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00