Dori Harsa Icon SIPA 2020

Dori Harsa jadi Icon SIPA
Dori harsa jadi icon SIPA

KBRN, Surakarta: Ivent internasional, Solo International Performing Art (SIPA) yang rutin diselenggarakan di kota Solo tahun ini ditengah pandemi, digelar secara virtual selama dua hari mulai (10/9/20),  mendatang di Gedung Murtijono Teater Tamab Budaya Jawa Tengah TBJT.

Pergelaran seni kelas dunia ini, mengundang 23 musisi dari berbagai delegasi, diantaranya Equador, Mexico, Belgia, Korea, Hongkong, Taiwan,Malaysia, China dan Iran, dan dari Indonesia seperti Dari Palembang, Riau, Jakarta, NTT, Bandung, Cimahi danKalimantan.

Berbeda dari tahun tahun sebelumnya Ivent Internasionalyang rutin diselenggaraklan di Kota Solo, Solo International Performing Art (SIPA) tahun ini diselenggarakan secara virtual.

Direktur SIPA Itrawati Kusumarasri menjelaskan, dimasa pandemi mengingat para delegasi dari luar negeri tidak dapat datang langsung ke Indonesia pertunjukan diselenggarakan di negara masing-masing, sedangkan penonton diSolo dapat menikmati melalui layar besar digedungMurtijono Teater di TBJT Solo, maupun streaming Youtube.

Pelaksanaanselama dua hari mulai 10 september diikuti 23 musisi dari berbagai delegasi, diantaranya Equador, Mexico, Belgia, Korea, Hongkong, Taiwan,Malaysia, China dan Iran. Dan dari Indonesia seperti Dari Palembang, Riau, Jakarta, NTT, Bandung, Cimahi danKalimantan ungkap Ira

“ Mas Dori kan sosok yang milenial ya, sadar pada pergaulan di Medsos.  Saya liat terus di medsosnya mas dori itu sering upload terus gitu ya, Sadar sekali tentang kekuatan medsos, tapi beliaunya itu masih tetep mempunyai kepedulian pada seni tradisi, seni rakyat. Yang dia pilih untuk terjun ke dikaryanya di seni industri atau dunia seni industri pertunjukan,” Jelasnya saat dikonfirmasi RRI, Sabtu (29/8/20).

SIPA tahun2020 ini, memilih maskot artis milenial yang lagi viral Dori Harsa sekeligus tampil pada opening ceremoni bersama penari semarak candra kirana art center dari kota Solo.

Dori Harsa mengaku sempat kaget bahkan tidak menyangka terpilihnya menjadi maskot SIPA 2020, namun merasa bangga mendapat penghargaan yang luar biasa terlibat seni pertunjukan bertaraf Internasional.

“ini luar biasa suatu kejutan juga saya baru tahu yang pasti saya ucapkan tentang ini untuk mengisi acara di SIPA, perlu kita ketahui bahwa SIPA ini kan pengisi caranya sangat luar biasa bukan hanya dari lokal atau dalam negara tetapi luar negeri juga,” katanya. 

Dipilihnya Dori Harsa menjadi maskot SIPA 2020 dengan pertimbangan sosok penyanyin milenial itu, saat ini tengah viral dimedia sosial, peduli pada seni tradisi dan memiliki masa depan di musik industri dan pertunjukan.

Meski SIPA 2020 digelar secara virtual, diharapkan tetap mampu menjadi hiburan dan tontonan budaya yang dapat dilakukan dari mana saja ditengah pandemi. (Desk: Wiwid)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00