Kunjungan Wisata Karanganyar Tembus 40 Ribu Wisatawan, Obyek Wisata Bumi Perkemahan Jadi Primadona

KBRN, Karanganyar: Tingkat kunjungan wisata di Kabupaten Karanganyar selama 2 pekan terakhir mencapai 43.432 pengunjung. Jumlah tersebut berdasarkan akumulasi data kunjungan dari 25 lokasi wisata di Kabupaten Karanganyar.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar Titis Sri Jawoto menjelaskan, tingginya tingkat kunjungan itu dipengaruhi waktu liburan yang cukup panjang.

"Kemarin itu liburnya cukup panjang, dari hari libur HUT kemerdekaan 17 Agustus, terus libur panjang tanggal 20 Agustus sampai 23 Agustus, sehingga waktu luang para wisatawan cukup panjang untuk menikmati waktu liburan," jelas Titis kepada RRI saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/8/20).

Dikatakan Titis, terjadi perubahan trend kunjungan wisata di Kabupaten Karanganyar pada moment liburan kali ini, kebanyakan masyarakat lebih memilih lokasi wisata bumi perkemahan. Pasalnya, menurut data statistik disparpora, jumlah kunjungan wisata tertinggi pada bumi perkemahan Lawu Park dengan total 8.217 pengunjung.

"Jadi ada perubahan trend terhadap kunjungan wisata, kemarin itu Lawu Park tembus 8 ribu sekian pengunjung, mengalahkan Grojogan Sewu, yang biasanya tertinggi saat liburan, itu cuman 7 ribu sekian," jelasnya.

Menurut Titis, perubahan trend ini disebabkan daya tarik wisata untuk bisa menghabiskan waktu lebih lama dengan keluarga, sembari menikmati suasana alam menjadi alasan para wisatawan memilih wisata camping.

"Saya kira, memang karena mereka bisa berkumpul bersama keluarga, sambil menikmati alam, dan juga mereka nyaman, baik dari sisi keamanan kesehatan pada masa pandemi covid 19, mereka membawa alat camp sendiri, toh kalau sewa mereka menggunakan alas tenda yang dari rumah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Titis, tingginya pengunjung wisata ini juga memberi multiplier effect bagi perekonomian masyarakat sekitar, sehingga kembali menggeliatkan ekonomi masyarakat.

"Tentu ada keuntungan multiplier Effect untuk masyarakat, mereka yang wisata camping itu tidak semua bahan makanan bawa dari rumah, selain itu retribusi juga ada yang masuk ke desa untuk wilayah camp yang dikelola pemdes," jelasnya.

Sementara itu, Admin Operasional Pengelola Bumi Perkemahan Skipan Tawangmangu Karanganyar, Sri Widyatama Pramudita menungkapkan, peningkatan jumlah pengunjung di obyek wisata sekipan mencapai 100 persen dibanding liburan akhir pekan biasa.

"Kenaikan pengunjung secara signifikan itu, mulai tanggal 20 Agustus, capaian kunjungan hingga 700 wisatawan, padahal hari sebelumnya, hanya 160an pengunjung," ungkapnya.

Adapun berdasarkan data dispaspora karanganyar, tingkat kunjungan tertinggi pada obyek wisata Lawu Park dengan jumlah 8.217 wisatawan, obyek wisata tertinggi ke 2 Grojogan Sewu dengan kunjungan 7.503 wisatawan, dan di urutan ke 3 obyek wisata Sakura Hill Tawangmangu dengan tingkat kunjungan 3.601 wisatawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00