8 Tamu Positif Covid-19, Dua Hotel di Solo Ditutup Sepekan

Foto ilustrasi, salah seorang tamu hotel tengah register disalah satu hotel di Kota Solo. (Istimewa)

KBRN,Surakarta:Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surakarta menutup dua hotel bintang empat di kota Solo. Menyusul tamunya dari Jakarta positif Covid-19. 

Penutupan ini dilakukan mulai Kamis (16/7/2020), siang hingga tujuh hari kedepan. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surakarta Ahyani menjelaskan dua hotel ini ditutup selama satu pekan kedepan. 

Penutupan hotel dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta ada 8 tamu hotel yang positif Covid-19. Setelah dilakukan tracing akhirnya diketahui ada 8 orang yang juga positif.  "Selama itu akan didesinfeksi. Hari ini kita panggil kita beri surat untuk penghentian operasional tujuh hari dan dalam selama tujuh hari akan dilakukan desinfeksi," ungkap Ahyani.

Terkait tamu hotel yang dimaksud, Ahyani mengatakan, mereka adalah pegawai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang datang ke Solo untuk menghadiri acara. Semuanya saat ini sudah dirujuk rumah sakit untuk perawatan.

"Mereka kunjungan kerja ke Solo dan menginap di dua hotel yang berbeda. Datang ke Solo bawa surat hasil rapid test non-reaktif. Tapi sesaat sampai di Solo ternyata hasil swabnya positif. Kemudian mereka lapor ke DKK," imbuhnya.

Walikota, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, penutupan wajib dilakukan untuk sterilisasi sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Sudah saya bilang dari awal, kalau ada yang positif saya tutup. Mau pasar mau mal mau hotel. Kemarin kan Pasar Harjodaksino juga sudah ditutup setelah satu pedagangnya positif, apalagi ada tambahan tiga pedagang lainnya. Makanya yang hotel ini juga kita tutup," tandasnya.

Walikota menyampaikan, selama penutupan kedua hotel akan dilakukan penyemprotan desinfektan atau desinfeksi. Selain itu, karyawan yang selama ini melakukan kontak dekat dengan tamu yang bersangkutan, mulai dari front office sampai office boy juga akan diswab dan ditracing. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00