Candi Prambanan Mulai Buka Kembali, Ini Sederet Aturan Wisatawan

KBRN,Surakarta: Mulai awal Juli 2020 Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan mulai dibuka kembali untuk umum. Namun demikian jumlah pengunjung  tetap dibatasi paling banyak 1.500 orang.

Manajer Taman Wisata Candi Prambanan Haryono Hendro kepada wartawan mengungkapkan hari pertama dibuka jumlah pengunjung berkisar tiga ratus orang  yang merupakan wisatawan lokal. Seluruh pengunjung  harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat mulai akan masuk hingga meninggalkan kawasan candi.

"Kami menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu juga menempatkan sejumlah petugas disekitar candi untuk memantau pengunjung jangan sampai terjadi kerumunan," ungkap Haryono Hendro Jumat  (3/7/2020).

Setiap pengunjung yang akan masuk juga harus menjalani pengecekan suhu tubuh, cuci tangan pakai sabun dan juga wajib mengenakan masker. Hal lain yang harus dipatuhi oleh seluruh pengunjung adalah tidak diperkenankan untuk memasuki bilik candi. Pengunjung hanya sampai zona satu atau pelataran candi. "Polisi khusus telah ditempatkan untuk memantau wisatawan tersebut," imbuhnya.

Sedangkan salah seorang pengunjung Siti Fatimah asal Kartosuro mengaku merasa senang Taman Wiata Candi Prambanan dibuka kembali. Ketika ditanya tentang aturan yang ketat yang harus dijalani pengunjung, kembali ia mengatakan tidak mempermasalahkan lantaran demi kesehatan bersama.

"Tidak  masalah penerapan protokol kesehatan kan untuk kita semua," kata Siti Fatimah.

Berdasarkan data yang dihimpun RRI pada hari-hari biasa jumlah pengunjung  bisa mencapai antara empat sampai lima ribu orang. Sementara untuk tatanan khidupan baru kali hanya dibatasi 1.500 orang. Adam Sutanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00