Tekan Harga Gula, IGN Sediakan 3 Ton untuk Operasi Pasar di Solo

KBRN, Surakarta: Tiga ton gula pasir dijual murah Rp 12.500 dalam operasi pasar yang di selenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggandeng PT Industri Gula Nusantara IGN. Kegiatan berlangsung di Pasar Gede Solo, Sabtu (25/4/2020).

Operasi gula itu dilakukan untuk menekan tingginya harga jual gula pasir di pasar tradisional. Meskipun harus mengantri panjang masyarakat antusias membeli gula pasir impor yang di jual Rp 12,500 per kilogram. Mengingat harga gula di pasaran Rp 20.000 per kilogram.

Kepala Seksi Pengembangan Pasar dan Usaha Dagang Kecil dan Menengah Disperindag Provinsi Jawa Tengah, Ido Ibrahim  mengungkapkan kegiatan ini merupakan inisiatif bersama Pemerintah dengan swasta.

"Karena sekarang harga gula sudah diatas HET (harga eceran tertinggi) yang seharusnya 12,500 per kilogram," ungkapnya disela operasi pasar.

Menurutnya, OP dilakukan seiring dengan masuknya kran Impor Raw Sugar dari Thailand dan India ke Jateng sejak 1 bulan yang lalu. Saat ini di proses oleh PT IGN dengan produksi yang sudah cukup banyak jelang lebaran Operasi Pasar di 34 kabupaten atau kota di Jateng.

"Ini impor raw sugar di Thailand dan India sejak 1 bulan lalu. OP dilakukan di 34 kabupaten/kota di Jateng," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Operasional PT IGN, Teuku Banta mengatakan kegiatan OP gula juga bekerjasama dengan Satgas Pangan Polda Kateng, Disperindag Jateng, dan PT IGM dengan menyiapkan 400 ton gula pasir.

Dalam operasi pasar di pasar gede menggelontorkan 3 ton gula pasir.  Minggu depan akan diadakan di tempat lain di Solo. Dalam operasi pasar masyarakat membeli maksimal 2 kg. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00