5,5 Juta Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Solo Tahun Ini

KBRN, Surakarta: Kunjungan wisata ke Kota Solo, Jawa Tengah, pada tahun 2020 ini hanya ditargetkan naik sekitar 500 ribu pengunjung dari tahun sebelumnya. Dinas Pariwisata Surakarta, menargetkan tahun 2019 lalu jumlah wisatawan yang datang ke Solo hanya ditarget 5 juta pengunjung.

Kepala Disparta Hasta Gunawan mengatakan, Pemkot Surakarta menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Solo, pada 2020 mencapai 5.500.000 orang. Target itu naik dari tahun 2019 yang mencapai 5.000.000 pengunjung.

Dia optimistis target itu akan dapat terlampaui dengan adanya jalan bebas hambatan bagian Trans Jawa. 

Dulu diprediksi jalan tol Solo jadi sepi, tapi tidak terbukti kan, malah ramai.Sebab, jalan tol ruas Solo-Ngawi itu banyak wisatawan dari luar kota yang masuk ke Solo," katanya, Rabu (1/1/2020). 

Menurutnya keberadaan jalan tol sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan dari luar daerah, baik melalui pintu tol Klodran, Ngasem maupun Gondangrejo. Hasta mengatakan, banyak event besar diselenggarakan di Solo untuk menarik wisatawan datang. 

"Tapi event besar, justru tidak menjadi pilihan wisatawan selama ini. Malah potensi kuliner wedangan malam atau hik, wedangan ini banyak ditemukan di Solo terutama di kawasan sudut kota," tambahnya.

Banyak wisatawan atau warga dari luar kota yang datang untuk sekadar menikmati wedangan itu. Hasta Gunawan menyebut ada ratusan wedangan malam yang tersebar di berbagai wilayah di Solo. Keberadaan wedangan ini menghiasi kota Solo pada malam hari menjadi magnet bagi wisatawan. "Wedangan malam ini dinilai mempunyai pangsa pasar sendiri," ungkapnya. 

Menurutnya, kebanyakan yang berlibur di daerah sekitar Solo maka bermalamnya di Kota bengawan, dan malam hari menikmati kuliner dan wedangan. Sementara disinggung target jumlah wisatawan asing, Hasta enggan menarget karena selama ini kalah populer dengan Yogya dan Bali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00