FOKUS: #VAKSIN COVID-19

CPNS 2021 Dibuka April, Cek Kuota Sragen

Foto ilustrasi, Guru P3K tengah melaksanakan pembelajaran daring.

KBRN, Sragen: Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) kabupaten Sragen tahun ini akan dibuka lagi. Informasi dari Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Sragen rekrutmen akan dibuka bulan April 2021.

Namun demikian, kuota CPNS menyusut banyak dibandingkan kuota tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan tenaga pendidikan sudah dialihkan ke Pegawai Kontrak dengan Perjanjian Kerja (P3K). 

"Usulan dari OPD sudah disampaikan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi  (Kemenpan RB) sekitar 100 an CPNS," kata Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Sragen Sutrisna, Sabtu (27/2/2021).

Dia menyampaikan, usulan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah OPD awalnya sejumlah 350 formasi CPNS. Namun karena untuk guru, masuk ke P3K dialihkan ke PPPK sekitar 250 formasi maka yang tersisa untuk tenaga teknis dan tenaga kesehatan tinggal seratusan orang. 

"Itu sudah termasuk tenaga kesehatan dan teknis lainnya. Usulan sejumlah itu,” terangnya.

Sutrisna tidak mempermasalahkan penyusutan jumlah formasi CPNS pada 2021 ini. Mengingat pada 2019-2020, kabupaten Sragen mendapat formasi paling banyak yakni 627 formasi. Sehingga menurutnya wajar jika menyusut.

”Usulan baru sebesar itu, namun keputusan dari kementerian belum dipastikan jumlahnya. Lantas kita merubah usulan formasi CPNS tanpa formasi guru hanya sekitar 100 formasi," jelasnya.

Sementara itu untuk CPNS khusus Guru Pendidikan Agama kemungkinan besar masih tetap CPNS, di bawah Kementrian Agama. Sementara guru yang lain masuk P3K. "Tapi bisa jadi guru CPNS juga ada, tergantung pusat," tukasnya.

Sementara itu untuk pelaksanaanya Sutrisno menyebut kemungkinan pelaksanaan bakal digelar April nanti. Sutrisna mengklaim BKPSDM Sragen cukup siap untuk anggaran pelaksanaan tes CPNS. Pihaknya akan membentuk konsorsium dengan kabupaten lain, untuk menghemat anggaran. 

Pada 2020 lalu CPNS digelar di gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Dibentuk konsorsium dari beberapa Kabupaten yakni Sragen, Wonogiri, Sukoharjo dan Boyolali.

Seblumnya Bupati Sragen menyebutkan meskipun mendapatkan tambahan pegawai dari P3K tetap sama dengan ASN. Sebab gaji dan juga pekerjaan sama dengan PNS pada umumnya hanya namanya yang berbeda.

"Sama saja P3K juga ASN. Semua yang digaji dari negara juga ASN tugasnya melayani masyarakat," tandas Yuni.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00