Evaluasi Pilkada 2020, KPU Sukoharjo Undang Wartawan Dalam FGD

KBRN Surakarta  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait evaluasi Pilkada 2020, Kamis (26/02/2021).

FGD yang digelar di salah satu rumah makan di Sukoharjo itu dihadiri semua wartawan desk Sukoharjo, serta beberapa pimpinan radio swasta niaga termasuk RSPD.

“Secara umum pelaksanaan Pilkada Sukoharjo berjalan lancar, serta tidak ada gugatan hukum. Satu hal yang juga menjadi catatan atas suksesnya pilkada adalah tidak menciptakan klaster baru Covid 19. Itu semua berkat peran media,” ungkap Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda kepada wartawan usai FGD.

Menurutnya, salah satu indikator suksesnya Pilkada adalah naiknya tingkat partisipasi masyarakat dibandingkan pilkada sebelumnya.

Bahkan tingkat partisipasi masyarakat tersebut menurutnya diluar prediksi mengingat pilkada 2020 digelar ditengah pandemi.

“ KPU Sukoharjo memberikan apresiasi atas peran media yang telah memberitakan seputar kegiatan pilkada mulai dari sosialisasi, kontestasi dua paslon hingga soal pandemi virus corona sendiri,” tandas Nuril Huda.

Sementara itu Komisioner KPU dari Divisi Sosialisai Suci Handayani mengakui jika peran media dalam kesukseskan pilkada bupati dan wakil bupati terbilang luar biasa.

“ Ya, kami berterima kasih kepada teman-teman media yang total dalam pemberitaan tahapan Pilkada. Oleh karena itu sebagai bentuk apresiasi KPU memberikan piagam penghargaan bagi semua wartawan yang meliput di wilayah kabupaten Sukoharjo,” ujar Suci.

Hal lain yang menjadikan tingkat partisipasi pemilih naik diluar target adalah faktor lomba vlog dan juga selfie di TPS yang membuat masyarakat menjadi tertarik untuk datang ke TPS khususnya dari kalangan pemilih pemula.

“ Untuk lomba Vlog dan Selfi ternyata peminatnya cukup banyak yang dari kalangan milenial,” tandasnya

Seperti diketahui, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2020 lalu sebesar 78,55%. Angka partisipasi tersebut melampau target nasional sebesar 77,5%. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00