Awas! Karantina Benteng Vastenburg Juga untuk Pelanggar Prokes

Benteng Vastenburg Solo akan menjadi tempat karantina pemudik dan pelanggar protokol kesehatan. Dok Mulato

KBRN, Surakarta: Rencana pemanfaatan Benteng Vasternburg Solo untuk tempat karantina bagi pemudik dimatangkan Pemkot Surakarta. Pemkot sudah melakukan koordinasi bersama TNI dan Polri. 

Tempat karantina di tengah Benteng itu kabarnya tidak hanya untuk pemudik yang datang ke Solo pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Melainkan juga untuk pelanggar protokol kesehatan (Prokes) yang terjaring razia yustisi. 

"Ya terutama untuk pelanggar protokol kesehatan, bisa jadi ya pemudik. Jadi tidak cuma pemudik," kata Ketua Pelaksana Satgas Covid 19 Surakarta Ahyani saat dijumpai di Balaikota," Selasa (1/12/2020).

Ahyani mengatakan, pendirian tempat karantina di Benteng Vasternburg kini masih terus dibahas. Utamanya terkait penyedian tenda milik TNI Polri dan juga BPBD. 

Menurut Ahyani konsep dari karantina ini nanti tidak jauh beda dengan saat karantina pemudik lebaran di Graha Wisata. Pemudik akan dijemput dari terminal atau stasiun.

"Seperti dahulu, tapi masih kita rapatkan. Barak tinggal ngitung saja nanti disiapkan tenda dari TNI Polres ada BPBD juga," katanya.

Ahyani menyebut, operasi yustisi  akan digiatkan terus menyasar warga yang tidak memakai masker dan juga yang berkerumun. Pelanggar itu nanti akan dkarantina di Benteng Vasternburg sebagai upaya sanksi untuk efek jera.

"Start pertengahan Desember  sampai Januari akhir. Pelanggar kerumunan juga bisa tidak hanya pelanggar masker," tandasnya.

Terpisah Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo juga menyampaikan, tempat karantina akan didirikan mulai 10 Desember. Kemudian akan dioptimalkan pada 15 Desember sampai 10 Januari.  

"Benteng alternatif nanti kita optimalkan 15 Desember sampai 10 Januari, sebulanlah. Bagi yang mau mudik nanti akan saya karantina di benteng dengan tenda, karena kita tidak punya gedung yang gede,"  jelasnya.

Oleh sebab itu walikota meminta kepada masyarakat agar tidak mudik saat libur natal dan tahun baru mendatang. Jika nekat akan dikarantina di Benteng Vasternburg. Pihaknya tidak main main dalam menegakkan protokol kesehatan karena kasus Covid 19 di Solo terus melonjak. "Makanya jangan pulang, atau ke Solo dulu," pintanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00