Aksi Bagi Masker, Tandai Hari AIDS Sedunia di Sukoharjo

KBRN Sukoharjo : Aksi simpatik berupa bagi masker dilakukan oleh belasan pemuda di bunderan pro liman Sukoharjo, Selasa (01/12/2020).

Aksi itu digelar guna memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2020 ini.

Aksi simpatik yang diprakarsai oleh Komisi Penanggulangan AIDS KPA Sukoharjo juga didukung oleh Yayasan Sahabat Mitra Sebaya (Yasema) yang merupakan yayasan pendamping ODHA atau orang dengan HIV/AIDS, warga peduli AIDS Kampus Univet Bantara Sukoharjo dan relawan BNK Badan Narkotika Kabupaten.

Pengelola program dan monev KPA Sukoharjo Erna Kusrini mengaku aksi simpatik yang digelar ditengah pandemi tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Ya, kami menggelar aksi dalam rangka hari AIDS sedunia dengan peserta yang terlibat sangat terbatas. Mereka menyebar untuk membagikan masker kepada pengendara yang melintas di bunderan proliman Sukoharjo,” ungkap Erna Kusrini.

Menurut  Erna Kusrini, selain masker, pihaknya juga membagikan leaflet berupa buku saku aku bangga aku tahu edukasi yang berisikan pengetahuan komprehensif AIV/AIDS.

Sementara itu Koordiator  relawan BNK Sukoharjo Agus Widanarko mengakui jika kasus HIV/AIDS di Sukoharjo masih cukup tinggi.

“Salah satu sumber penularanya melalui jarum suntik narkoba. Oleh sebab itu mencegah AIDS harus dilakukan bersama-sama. Masyarakat diminta stop fre sex dan kurangi jarum suntik narkoba,” ujar Danar.

Seperti diketahui bahwa perkembangan kasus HIV/AIDS dalam setiap tahun terus bertambah.

Jumah akumulatif kasus HIV/AIDS di Sukoharjo hingga bulan Oktober 2020 ini sebanyak 664 dengan rincian 336 kasus HIV, 328 AIDS dan 138 diantaranya meninggal dunia. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00