Menghapus Stigma Negatif, Peringatan Sumpah Pemuda Digelar di Bunderan Tugu Kartosuro

KBRN Surakarta : Sekitar 100 orang dari Perkumpulan Wargo Ageng Kartasura (Pawartos) melakukan pengibaran bendera merah putih dalam memperingati Hari sumpah tahun 2020, Rabu (28/10/2020).

Kegiatan yang digelar di bundaran Tugu Kartasura, juga ditandai dengan pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda.

Rangkaian upacara diawali dengan atraksi seni beladiri, kemudian tarian nusantara dan dilanjutkan dengan penghormatan bendera sang saka merah putih berukuran 4 x 6 yang sebelumnya sudah terpasang di tiang khusus.

Penghormatan diiringi kebangsaan lagu Indonesia Raya. Pantauan RRI saat lagu berkumandang sejumlah pengguna jalan juga menghentikan kendaraan dan dengan sikap sempurna.

Koordinator acara, Ruth Sapujiati, mengatakan bahwa bunderan Tugu Kartasura dipilih sebagai lokasi acara karena bisa menjadi ikon gerakan persatuan, dan hal positif lainnya.

“ Ya, dengan aksi itu, kami ingin mengikis hal negatif yang pernah terjadi di pertigaan Tugu Kartasura, seperti adanya aksi bom bunuh diri beberapa waktu lalu, dan aksi unjuk rasa menentang undang-undang Cipta kerja yang berujung anarkis,” ungkap Ruth.

Dia juga berharap momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi titik bersama sama melakukan kegiatan yang positif dan terus berkesinambungan, semangat untuk bersatu, guna mengisi kemerdekaan.

"Kami ingin melalui kegiatan ini menginisiasi bahwa kawasan Tugu Kartasura itu bukan ikon negatif. Tapi digunakan untuk kegiatan positif," katanya.

Terkait jumlah peserta karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, peserta hanya sekitar 100 orang.

Sementara, itu salah satu peserta Cahya Anugerah Ayuningtiyas mahasiswi IAIN Surakarta mengaku senang menjadi bagian dalam upacara hari Sumpah pemuda.

“ Dengan kegiatan tersebut aksi unjuk rasa menentang undang-undang Omnibus Law yang berujung anarkis di bunderan Kartosuro tidak akan terulang,” cetus Ayu.

Kendati upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka hari Sumpah Pemuda digelar di jalan raya sekitar Bunderan Tugu Kartasura namun tidak sempat memacetkan arus lalu lintas.

Semua kendaraan dari tiga jurusan Solo, Jogya dan semarang tetap lancar berkat kesigapan jajaran Satlantas Polres Sukoharjo yang mengerahkan personilnya dalam jumlah besar. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00