578 Personil Gabungan Siap Jaga Kondusifitas Karanganyar Jelang Libur Panjang

KBRN, Karanganyar: Sebanyak 578 personil tim gabungan dari unsur TNI, Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan relawan Karanganyar disiapkan guna antisipasi lonjakan pengunjung pada hari libur nasional dan peringatan maulud Nabi di Akhir bulan oktober mendatang.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi mengungkapkan tim gabungan tersebut akan bertugas untuk melaksanakan tindakan pengamanan seperti antisipasi kemacetan maupun penanganan bila terjadi laka lantas.

"Selain tindakan pengamanan, pencegahan kerumunan serta penegakan protokol kesehatan juga jadi tugas para personil gabungan karena masih dalam masa pandemi Covid 19," jelas Kapolres kepada wartawan usai memimpin apel siaga gelar pasukan di lapangan Wirasatya polres Karaganyar, Senin (26/10/20).

Nantinya, Lanjut Kapolres, bagi masyarakat yang akan masuk ke karanganyar diwajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti penerapan jaga jarak dan penggunaan masker.

"Jadi setiap warga yang masuk ke wilayah Kabupaten Karanganyar wajib mematuhi protokoler kesehatan," jelasnya.

Dikatakan Kapolres, pada libur akhir pekan mendatang, diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung yang masuk ke kabupaten Karanganyar, banyak masyarakat ibu kota yang diperkirakan akan berlibur ke daerah.

"Diprediksi akhir pekan ini ada lonjakan pengunjung, karena selain panjangnya masa libur, Kabupaten Karanganyar ini memiliki banyak obyek wisata menarik juga Gunung Lawu yang menjadi magnet para wisatawan berkunjung ke Karanganyar," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan personil tim gabungan akan difokuskan pada titik keramaian seperti tempat wisata dan titik ramai lalulintas. "Kita fokuskan kali ini di titik keramaian, salah satunya lokasi wisata," imbuhnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Karanganyar Maulana Ozar menambahkan 4 titik eksit tol karanganyar akan dijaga personil tim gabungan untuk menangani lonjakan pengunjung di Karanganyar.

"Tentu juga, sebagaimana tujuan kita mengantisipasi lonjakan arus kendaraan, 4 exit tol di karanganyar ini akan kita jaga," kataya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Karanganyar Yopi Eko Jati Wibowo mengatakan pihaknya menyiapkan 150 personil dalam mendukung proses pengamanan kondisi libur panjang.

"Kita sudah siapkan sekitar 150 personil tim satpol PP yang selalu kita siagakan setiap hari," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00