Polres Sukoharjo Gelar Pra Rekonstruksi Kasus Pembunuhan di Kandang Ayam

KBRN Sukoharjo : Tim Penyidik Polres Sukoharjo menggelar pra rekonstruksi kasus pembunuhan dan pembakaran mobil dengan korban Yulia (42), warga Selogiri Wonogiri yang sering tinggal di Pasar Kliwon kota Solo.

Pra rekonstruksi dengan tersangka EP dilakukan di 7 lokasi yang berbeda. Lokasi  pertama yang menjadi perhatian adalah kandang ayam milik korban di Dukuh Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari yang dipergunakan untuk membunuh korban.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, yang memimpin langsung pra rekonstruksi di lokasi pertama di kandang ayam kepada wartawan mengatakan pra rekonstruksi digelar untuk menyinkronkan keterangan tersangka dan saksi dengan alat bukti. Sehingga  untuk menyamakan persepsi harus dilakukan adegan per adegan di tujuh lokasi untuk memberi gambaran nyata sebelum rekonstruksi dilakukan.

“ Di TKP kandang ayam itu terungkap perencanaan pembunuhan yang dipersiapkan sejak hari Senin (19/10/2020), dimana pelaku bertemu korban di kandang ayam pada Selasa (20/10/2020) sore dengan dalih membayar uang hasil penjualan ayam,” ungkap Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas yang hadir di TKP bersama Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf. Agus Adhy Darmawan, Senin (26/10/2020).

Lebih lanjut dikatakan di TKP kandang ayam, pelaku melakukan sebanyak 20 adegan seperti persiapan alat linggis dan lakban, bertemu korban, membunuh korban, meminta korban menyebutkan pin ATM saat korban sekarat, melakban dan mengikat korban dan memasukkan korban ke dalam bagasi mobil, dalam keadaan masih hidup.

“ Untuk TKP kandang ayam ini akan di amankan sampai nanti rekonstruksi berlangsung. Pengamanan sendiri dilakukan Polsek dan koramil Bendosari,” cetusnya.

Untuk pra rekonstruksi di TKP lain, yakni di rumah pelaku, lokasi pembakaran dan pembuangan alat kejahatan akan dilakukan di lain hari. 

Kapolres mengatakan dari hasil pra-rekonstruksi terungkap motif pelaku membunuh selain utang Rp145 juta juga ingin menguasai harta korban.

“Hal ini terlihat saat pelaku membawa uang dari tas milik korban senilai Rp 8 juta dan menguras rekening korban senilai Rp15 juta.,” tutur Kapolres

Untuk selanjutnya Polres Sukoharjo kembali akan menggelar pra rekonstruksi  di lokasi halaman Toko Bangunan Mekar Jaya dukuh Cendana baru desa sugihan Bendosari tempat korban ditemukan meninggal di dalam mobil Xenia dalam kondisi terbakar. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00