Debat Pilkada Wonogiri 26 November Disiarkan Televisi Nasional

KBRN Wonogiri : Debat Pilkada calon bupati dan wakil bupati Wonogiri rencananya bakal  digelar pada 26 November mendatang.

Debat tersebut akan disiarkan secara langsung melalui televisi nasional. Selain itu debat secara live juga akan disiarkan melalui radio lokal, medsos dan channel You tube KPU Wonogiri.

“ Ya, kami berharap melalui siaran tersebut, diharapkan bisa menarik kaum boro Wonogiri untuk pulang dan berpartisipasi di Pilkada 9 Desember 2020 mendatang,” ungkap Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo kepada RRI, Sabtu (24/102020).

Menurutnya, banyaknya warga Wonogiri yang merantau, khususnya di Jakarta, menjadikan alasan debat disiarkan melalui televisi nasional.  

 “ Untuk konsep debat seperti pada umumnya debat meliputi paparan visi misi kemudian diperdalam saling bertanya untuk mempertahankan argumentasinya dan diakhiri closing statemen dari kedua paslon,” ujar Toto.

Lantaran debat Pilkada 2020 Wonogiri akan disiarkan oleh salah satu televisi nasioal, maka moderator dan panelis juga berskala nasional yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

“ Hingga saat ini  pihaknya masih membahas lokasi yang akan digunakan untuk melangsungkan debat. Debat Pilkada yang hanya sekali itu kemungkinan digelar di luar Wonogiri agar jaringan satelit untuk siaran nasional tidak terjadi blank spot,” cetusnya.

Bagi KPU Wonogiri, debat dengan skala nasional itu akan dipergunakan sekaligus untuk ajang sosialisasi.

Sebab pada pilkada mendatang KPU mentargetkan tingkat  partisipasi masyarakat dapat mencapai 77 persen.

“Pada Pilkada 2015 lalu tingkat partisipasi pemilih di Wonogiri mencapai 66 persen. Kemudian Pilgub 2018 naik menjadi 68 persen,” tandas Toto.

Menurutnya, jika kaum boro tidak pulang, angka partisipasi pemilih diprediksi tidak jauh beda dengan pilkada pada tahun sebelumnya.

Seperti diketahui Pilkada Wonogiri diikuti dua paslon yakni pasangan Hartanto/Joko Purnomo nometr urut 01 dan pasangan Joko Sutopo/Setyo Sukarno nomer urut 02. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00