Empat Nakes Terpapar Covid, Puskesmas Jambu Kulon Ceper Klaten Ditutup Sementara

KBRN, Klaten: Puskesmas Jambukulon Ceper Kabupaten Klaten ditutup sementara  lantaran adanya empat tenaga kesehatan terkonfirmasi positif covid 19. Penutupan dilakukan  untuk kepentingan seterilisasi.

Selain menutup  sementara, satgas penanganan covid 19  Kecamatan Ceper  juga melakukan tracking intern puskesmas.

"Hasil swab masal  di Puskesmas Jambukulon terdapat empat orang yang positif. Sehingga untuk antisipasi dilajukan pentutupan dalam rangka untuk starilisasi  lokasi dari kemarin sama hari ini kita utup sementara," Ungkap ketua Satuan tugas Satgas Penanganan covid 19  kecamatan  ceper  Supriyono kepada RRI, Jumat (23/10/2020).

Mereka yang dinyatakan positif tersebut diharuskan melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu. Operasional puskesmas  kembali akan dibuka mulai hari Sabtu (24/10/2020).

Sedangkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Anggit Budiarto kepada wartawan mengatakan, tenaga kesehatan  merupakan orang –orang yang mempunyai resiko tinggi  tertular covid 19 karena bersinggungan  langsung  dengan masyarakat  terkait dengan layanan kesehatan. Sehigga mereka itu  harus dilakukan screening termasuk yang dilakukan terhadap tenaga kesehatan di Puskesmas Jambu Kulon itu.

"Di Puskesmas Jambu Kulon terdapat 30 orang yang dilakukan screening. Hasilnya ada empat yang terkonfirmasi. Dari empat yang terkonfirmasi itu ada dua du Ceper satu Trucuk dan satu lagi di Wedi,"katanya.

Terkait dengan kasus itu pihaknya juga sudah melakukan langkah-lankah antara lain meminta kepada mereka agar melakukan isolasi mandiri. Langkah selanjutnya melakukan tracking  terhadap orang-orang yang kemungkinan kontak erat baik yang ada di puskesmas maupun dengan lingkungan keluarga.

" Terkait dengan layanan kesehatan di puskesams masih bis berjalan karena yang terkoinfimasi positif itu dapat digantikan dengan yang lain," tambah Anggit.  Adam sutanto/AD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00