Tersambung 100 Persen, Fly Over Purwosari Libur Nataru Mulai Berfungsi

KBRN, Surakarta: Proyek pembangunan jembatan layang (jembatan layang) lintas atas Purwosari saat ini, telah tersambung. Dipastikan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah dapat difungsikan.

Capaian proyek lebih dari 85% lebih sehingga tinggal menyisakan pekerjaan-pekerjaan pendukung seperti pemasangan ornamen. Pelaksana proyek juga akan mengebut pekerjaan sebelum musim penghujan tiba.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Surakarta, Endah Sitaresmi Suryandari, mengaku sudah berbicara denga pelaksana proyek bahwa jembatan layang harus sudah bisa digunakan saat Nataru.

Pelaksana juga siap untuk mengoperasikan jalan layang Purwosari pada akhir tahun meski proyek dikerjakan dalam tahun jamak. Menurut Sita sapaan akrabnya, nanti yang dilompatkan setiap tahunnya itu pekerjaan sampingan bukan jalan utama.

"Memang kami minta jalan diselesaikan dahulu walau proyek ini jamak. Jadi Desember selesai,” kata Sita, Kamis (22/10/2020).

Terpisah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Tengah, Alik Mustakim mengatakan pelaksana akan mengecor lantai jembatan kemudian melaksanakan pekerjaan pendukung lain mengaspal jalur lambat.

Pihaknya menyampaikan untuk gerder jembatan sudah tersambung sejak 12 Oktober. Alik menjelaskan selain pekerjaan tersebut, 15% pekerjaan tersisa juga menyasar pembuatan jalur pedestrian, merampungkan pemasangan GRC, dan pengaspalan. "Kami juga mulai memasang pembesian lantai jembatan,” katanya terpisah.

Saat ini pelaksana sedang mengaspal jalur lambat di depan Stasiun Purwosari sampai ke arah Kantor PLN. Nanti modul pengaspalan dari Stasiun Purwosari sampai rel bengkong, serta mengerjakan saluran drainase yang sudah selesai selesa. Pihaknya juga siap mengebut proyek sebelum datang musim penghujan.

“Kami biasanya mengejar pada pagi sampai sore. Utamanya fokus pada saluran drainase. Kami mengusahakan membuat jalur air baru sementara di titik yang belum terpasang box culvert. Kami fokus pada prosedur dan ritme kerja saja, ”tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00