Dinilai Berat Sebelah, Bawaslu Sukoharjo Didemo Massa Paslon 01

KBRN Sukoharjo : Ratusan pendukung pasangan Etik-Suryani-Agus Santosa (EA) menggeruduk kantor Bawaslu Sukoharjo, Kamis (22/10/2020).

Para pendukung EA tersebut menggelar aksi karena menilai Bawaslu tidak adil dan berat sebelah dalam menyikapi berbagai pelanggaran yang terjadi saat kanmpanye Pilkada 2020.

Aksi tersebut dipimpin langsung Ketua Tim Pemenangan EA, Wawan Pribadi dan diikuti beberapa anggota legislatif dari partai pendukung.

Saat memberikan keterangan persnya, Wawan Pribadi yang jug Ketua DPRD Sukoharjo mengatakan jika kedatangannya di Kantor bawaslu juga sebagai bentuk akumulasi kekecewaan terhadap Bawaslu dalam menyikapi pelanggaran yang terjadi.

“ Ya, kami memang datang bersama relawan memprotes Bawaslu yang tidak netral dan hanya tegas untuk pelanggaran yang dilakukan oleh kubu EA, sedangkan untuk pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan no 2 ada kesan dibiarkan saja,” ungkap Wawan Pribadi.

Sebagai lembaga pengawas, kata Wawan seharusnya Bawaslu menegakkan aturan baik pasangan nomer urut 01 maupun pasangan nomor 2.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto mengatakan, apa yang disampaikan oleh tim pemenangan EA tersebut menjadi bahan evaluasi dan koreksi, baik secara SDM maupun kelembagaan.

“Namun pada prinsipnya saat menjalankan tugas Bawaslu berpegang pada aturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang Muryato mengakui jika jajaran Bawaslu hingga tingkat desa bisa memiliki pemahaman yang berbeda terkait aturan.

“ Ya, masukan dari Tim EA sangat membantu dalam membina dan mengarahkan jajaran Bawaslu agar memberikan perlakuan yang sama kepada peserta Pilkada,” cetus bambang. (Edwi).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00