Alhamdulilah! 14.793 Rekening Pelaku UMKM Karanganyar Bakal Terisi 2,4 Juta Rupiah

Para pelaku UMKM Karanganyar kumpulkan berkas syarat pengajuan bantuan

KBRN, Karanganyar: Dana bantuan stimulan dari kementrian Koperasi dan UKM bagi 14.793 rekening pelaku UMKM di Karanganyar secara bertahap mulai disalurkan Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Karanganyar.

Pimpinan Cabang Kantor BRI Cabang Karanganyar, Wicaksono Hendiko Putro menyampaikan, peyaluran saat ini sudah memasuki tahap ke 15, dan ditahap ini BRI Kantor Cabang Karanganyar menyalurkan BPUM kepada 14.793 rekening.

"Kita ini ditahap 15 secara nasional, untuk Karanganyar mendapat jatah 14.793, kita  mulai melayani pencairan bantuan modal usaha senilai Rp 2,4 juta itu mulai, Senin 19 oktober 2020, Sebelumnya, penerima sudah kita beritahu melalui SMS Blast yang dikirim pada 17 oktober 2020," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (20/10/20). 

Lanjut Hendiko, bagi para pelaku yang telah mendapat sms blast dapat mengambil dana bantuan melalui kantor cabang BRI di Karanganyar dengan membawa persyaratan yang ditentukan.

"Jadi syaratnya fotokopi KTP, fotokopi buku tabungan, foto usaha serta bukti SMS pemberitahuan," ungkapnya. 

Meski begitu, Hendiko menambahkan masih ada sejumlah kendala dalam proses pencairan, salah satunya terdapat warga yang mendapatkan sms blast berisi informasi berhak mendapatkan dana bantuan tapi nama yang tertera di dalam sms tersebut berbeda. Selain itu ada juga warga yang saat mengecek rekening, ternyata mendapatkan bantuan Rp 2,4 juta.

"Kemarin antrian sempat membludak, karena kendala itu, tapi kita sudah atur antriannya, untuk para penerima yang terkendala pencairan kita minta fotokopi KTP dan nomor handphone, kemudian kita kirim ke BRI pusat untuk di komunikasikan dengan kementrian, karena kita cuman sebagai penyalur," jelasnya.

Lebih lanjuta Wicaksono menuturkan, penerima bantuan tidak perlu terburu-buru mengambil dana tersebut. penerima bantuan dapat mencairkan dana di kantor BRI unit maupun cabang manapun dengan catatan membawa persyaratan.

"Sebenarnya dana bantuan bisa di ambil kapanpun, tapi mungkin banyak yang belum tau atau khawatir jika dana bantuan hilang jadi mereka buru buru ke BRI, itu yang bikin antrian panjang," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Koperasi dan UKM disdagnakerkop Karanganyar Adolfus Joce Bau menjelaskan berdasarkan data terakhir terdapat tambahan pendaftar bantuan UMKM di Karanganyar pada tahap ke 6 sebanyak 5962 pendaftar.

"Betul, kemarin kita sudah buka tahap ke 6 dari senin sampai jumat, untuk total jumlahnya lumayan banyak sampai 5.962, ini terbukti antusias masih tinggi," bebernya.

Lanjut Oce sapaan akrabnya, pendaftaran penerima bantuan komentiran koperasi dan umkm kembali di buka di tahap 7 hingga Jumat 23 oktober mendatang.

"Ini kita buka lagi yang tahap 7, sampai besok jumat, layanan itu kita buka dari jam 8 sampai jam 2," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00