HP 01 Mojo Pasar Kliwon Akan Dilepas, Warga Merasa Menemukan Emas Satu Gentong

KBRN , Surakarta : Tanah Hak Pakai 0001 Kalurahan Mojo Kecamatan Pasar Kliwon layak untuk segera dilepas kepemilikannya oleh pemerintah Kota Surakarta . Hal tersebut menjadi kesimpulkan Panitia Khusus ( Pansus ) “ HP 01 Mojo”  DPRD Kota Surakarta setelah melakukan peninjauan langsung ke lokasi yang berada di Kampung Kenteng.

Ketua Pansus  Suharsono menyatakan,  Dari hasil peninjauan lapangan ternyata tanah itu  sudah dihuni Masyarakat Berpenghasilan Rendah ( MBR ) puluhan tahun lamanya rata-rata 25 sampai 30 tahun. Mereka menempati sebagian tanah sekitar 22 hektar. Sejumlah 431 petak kecil-kecil ukuran mulai 12 meter persegi  terbangun di lokasi tersebut dengan kondisi permukiman yang kumuh,  tidak layak huni.

“ Disini hunian liar dan kumuh petak 15 ada 19 Masyarakat Berpenghasilan Rendah ( MBR ) jualan makanan anak-anak dan sebaiknya. Kawasan tidak tertata sangat kumuh sebeah timur  tanggul sebelah barat bekas tanggul. Jadi  sebenarnya kalau ndak ada parapet bahaya sekali, tapi setelah parapet dibangun terakhir banjir  tahun 2007, “ ungkap Suharsono saat dikonfirmasi RRI di GedunG Dewan, Jumat (!6/10/2020 )

Ditemui secara terpisah, perwakilan dari Kelompok Kerja ( Pokja )  Penataan HP 01 Mojo, Sarjoko menuturkan bahwa pelepasan Hak Pakai ini merupakan impian dari seluruh warga yang sudah menghuni pemukiman tersebut sejak puluhan tahun.

“ Masyarakat rasa-rasanya nemu emas sak gentong mbak... Selama ini kami dicap sebagai penghuni liar, kumuh  padahal kami kumuh karena kami tempati memang seperti ini, namun masyarakatnya berperilaku baik tak seperi yang dibayangkan. Dengan adanya kebijakan untuk mendapatkan sertifikat ini kami sangat menyambut gembira dan terima kasih kepada pemerintah Kota Surakarta dan DPRD, : kata Sarjoko.

Jika tanah tersebut dilepas kepemilikannya;  kemudian akan dilakukan penataan kawasan r menjadi 569 petak agar menjadi hunian yang layak. Sedangkan  total luas tanah sejumlah 50 hektar, lahan yang lain akan digunakan untuk Markas Brimob Polda Jawa Tengah dan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah.

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00