Pilkada Wonogiri, Timses Paslon Diminta Bentuk Satgas Covid 19

KBRN Wonogiri : Tim pemenangan dua bakal pasangan calon Bapaslon bupati dan wakil bupati Wonogiri yang akan berkontestasi pada Pilkada mendatang diminta untuk membentuk Satgas Covid-19.

Nantinya Satgas tersebut berfungsi untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di setiap acara yang digelar Bapaslon, terutama saat tahapan kampanye.

“ Ya, permintaan itu guna menindaklanjuti adanya regulasi yang mengatur setiap tahapan dan kegiatan pada pilkada wajib menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi kepada RRI, Sabtu (19/09/2020).

Dikatakan, upaya membuat Satgas Covid-19 di tim pemenangan bisa menciptakan ketertiban dan keamanan.

Sebab dalam UU Nomor 10/16 tentang Pilkada, dijelaskan bahwa tahapan seperti tata cara kampanye masih diatur dalam kondisi normal.

“ Saat ini pilkada dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19. Sedangkan dalam Peraturan KPU Nomor 10/2020 dijelaskan terkait pelaksanaan setiap tahapan dan kegiatan pada pilkada 2020, di tengah pandemi. Dimana dalam pasal 58 ayat satu diterangkan bahwa pertemuan terbatas di dalam ruangan maksimal 50 orang dan diluar miasmal 100 orang jika mengacu pasal 64 ayat dua,” tukasnnya.

Pihaknya berharap bahwa setiap kegiatan pilkada harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, mengecek suhu badan dan mengurangi kerumuman.

“ Protokol kesehatan Covid 19 menjadi misi utama terutama menghindari kerumuman,” cetusnya

  

Lebih lanjut Toto Sih Setyo juga mengatakan, melanggar protokol kesehatan dalam setiap kegiatan tidak hanya didasarkan pada peraturan KPU.

“Di sisi lain juga ada peraturan menteri, gubernur dan bupati yang mengatur tentang penyelenggaraan kegiatan di masa pandemic Covid-19,” ujarnya.

Terkait apakah paslon yang melanggar ketentuan tersebut bisa membatalkan pencalonan, menurut Toto, hal itu belum diatur dalam regulasi.

“Pengawasan peraturan terkait protokol kesehatan juga diawasi langsung oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu),” pungkasnya.

Seperti diketahui Pilkada Wonogiri 9 Desmeber 2020 diikuti dua bapaslon yakni pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno (Josss) dan Hartanto-Joko Purnomo (Harjo). (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00