Peringati World Clean Up Day 2020, Ratusan Warga Ramaikan Aksi Pungut Sampah Di Komplek Wisata Rowo Jombor Krakitan Bayat Klaten

KBRN, Klaten: Ada pandangan yang berbeda dikawasan obyek wisata rowo jombor Desa Krakitan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten hari Sabtu (19/9/2020). Lebih dari seratusan 30 orang  dari berbagai lapisan melakukan aksi pungut sampah yang berada di obyek wisata  tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Klaten Sri Hadi kepada RRI mengatakan, aksi pungut  sampah  tersebut merupakan  gerakan Nasional pilih sampah  dari rumah  dan  bagian dari peringatan world Clean  Up day 2020.

"Dalam rangkan peringan world clean up day tingkat nasional  untuk di kabupaten klaten kita gerakan pilah sampah dipusatkan hari ini di rowo jombor," ungkap Sri Hadi kepada RRI.

Dipilihnya lokasi wisata rowo Jombor, karena lokasi itu  banyak kegiatan yang dilakukan  masyarakat, baik berwisata dan aktivitas para pedagang. Kegiatan memungut sampah ditempat itu, dibagi beberapa kelompok.

"Kemudian dilakukan pemilhan sampah ditempat  itu," imbuhnya.

Sri Hadi menambahkan, kegiatan tersebut juga dimaksudkan  sebagai edukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan pemilahan sampah dari rumah. Sampah yang sudah dipilah, yang dapat dimanfaatkan diberikan ke bank sampah, sedangkan untuk residu dibuang ke TPA.

Sementara itu, Sekretaris Sekolah sungai Klaten Arif  kepada RRI mengungkapkan kegiatan ini termasuk memberikan dukungan untuk menciptakan kebersihan lingkungan, terutama menjaga kebersihan sungai dari banyaknya sampah-sampah. Kegiatan membersihkan sekitar Rowo Jombor itu, dibagi dalam tujuh kelompok dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Ini world up day sedunia yang di klaten ada panitianya menggandeng dinas lingkungan hidup, kali ini sasarannya di rowo jombor. Relawan desa krakitan, bayat dan sekitarnya. Dibatasi karena covid dibagi menjadi tujuh kelompok," kata Arif kepada RRI.

Melalui kegiatan tersebut harapannya, masyarakat semakin peduli terhadap sampah, peduli Rowo Jombor dan juga peduli sungai. (desk:Arga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00