Ngonhel Bandung - Solo, Agus Goweser Kampanyekan Donor Darah

KBRN, Surakarta Agus Onthel Goweser asal Bandung yang juga pendonor darah suka rela tiba di  Solo  setelah melakukan perjalanan dari Bandung menuju Solo dengan bersepeda guna mengkampanyekan donor darah di tengah pandemi. Kehadiran   Pria usia 60 tahun yang mengendarai sepeda onthel selama 6 hari diharapkan mengungah masyarakat untuk peduli dengan melakukan donor darah.

Kedatangan pria yang bernama lengkap Agus Hadikartaswara di Solo tersebut , disambut anggota PMI Surakata dan Komunitas onthel Sukoharjo di depan pintu masuk Taman Sriwedari . Setelah tiba di Kota Bengawan, Agus dijadwalkan melakukan donor darah di PMI Solo sekaligus meramaikan kegiatan HUT- ke 75  PMI yang dipusatkan di Solo.

Agus Hadikartaswara mengaku, selama perjalanan tidak mengalami banyak kendala. Hanya saja saat berada di  Tasikmalaya menuju Banjarnegara  mengalami  lepas rantai karena jalan naik turun, tetapi kejadian tersebut tidak mempengaruhi niatnya mencapai tujuan ke kota bengawan.  Laki-laki kelahiran 21 Agustus 1960 tersebut lebih lanjut berkisah, selama perjalanan menggunakan sepeda onthel, selalu dibarengi  sosialisasi  donor darah kepada masyarakat masyarakat meski ditengah pandemi.

“ Kadang-kadang ada yang menanyakan apakah saat pandemi Covid ini bisa berdonor, saya katakan bisa. Perjalanan jauh apakah bisa donor saya bilang masih bisa selama sesuai dengan aturan kesehatan yang ditentukan seperti tekanan darah dan tensinya,” papar Agus kepada wartawan Rabu ( 16/9/2020 )

Aksi sosial yang dilakukan Agus dengan nama populer Agus Onthel itu, mendapat apresiasi Kepala Bagian Relawan Palang Merah Indonesia Surakarta, Wanto. Ia menilai agus memiliki jiwa sosial yang tinggi, dibuktikan sudah menjadi relawan donor darah sukarela nasional, tercatat  sebagai penyumbang darah lebih dari 100 kali.

“ Sangat mengapresiasikan sekali pak Agus yang dari Bandung sebagai relawan nasional di bidang donor darah sukarela yang sudah lebih dari 100 kali ini sangat menginspirasi temen-temen pendonor yang lain. Wilayah-wilayah yang dilewati semuanya mengapresiasi termasuk Solo, Jadi ini hanya bentuk kecil apresiasi dari PMI Solo,” ungkap Wanto.

Sementara , Peringatan HUT ke 75  PMI 17 September 2020  tingkat Nasional yang dipusatkan di Kota  Solo  diwarnai peresmian Akademi Bank Darah ( AKBARA ) . Tak hanya itu  dalam  kegiatan tersebut akan disampaikan pidato kemanusiaan secara virtual oleh ketua umum PMI Yusuf Kalla. ( Wiwid Widha )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00