Proyek Tol Solo Yogyakarta Terjang 32 Rumah Warga Malangjiwan Kebonarum Klaten

KBRN, Klaten:Pembangunan jalan tol Solo Yogyakarta akan menerjang wilayah Desa Malangjiwan Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten. Diwilayah tersebut sebanyak 71 pemilik baik lahan pertanian dan juga rumah-rumah penduduk di Kampung Karangmojo  Desa Malangjiwan Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten.

"Dari jumlah itu sebanyak empat hektar merupakan lahan pertanian, 31 rumah dan juga satu buah masjid," ungkap Kepala Desa Malangjiwan Suprianto kepada wartawan, Kamis (13/8/2020), ditengah kegiatan sosialiasi  dan konsultasi publik jalan tol di Balai Desa setempat.

Rumah pendukduk yang terkena  dampak pembangunan jalan tol itu berada di Rt 02 Rw 08 Kampung Karangmojo. Warga yang terdampak jalan tol tersebut  sejauh ini cukup nyaman dan tidak ada persoalan.

 "Kalau masyarakat disini nyaman-nyaman saja tidak ada masalah, bahkan menanti-nanti kapan ada sosialisasi," tambah Suprianto. 

Dikatakan,  terkait pembangunan jalan tol itu, para petani diwilayah itu berharap saluran irigasi tidak boleh ada yang tertutup. Selain itu akses jalan sekecil apapun tetap harus ada.

Sedangkan salah seorang warga terdampak  Ida,  kepada wartawan mengatakan sebenarnya dirinya keberatan  lahan pertaniannya  digunakan untuk pembangunan tol, karena merupakan tanah atau sawah warisan orang tua. Namun demikin untuk  kemajuan kabupaten klaten  lebih baik, dirinya juga mengiklaskannya.

 "Yang menjadi  keinginannya ganti rugi yang diberikan, benar-benar sesuai, agar dapat untuk beli lagi," jelas Ida. 

Ditambahkan, lahan petanian yang diterjang tol itu luasannya kurang lebih dua hektar  700 meter persegi. Selama satu tahun bisa panen tiga kali  dan sekali panen  dalam kondisi baik dapat menjagi delapan juta rupiah.

Sedangkan Camat Kebonarum, Mudzakir kepada wartawan mengungkapkan untuk di wilayah Kebonarum Desa yang terkena  propel tol sebanyak tiga Desa yakni Malangjiwan, Karangduren dan Desa Menden.  (Desk: Arga) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00