Keinginan Berhaji Tahun ini Harus Tertunda Akibat Pandemi Corona

KBRN Surakarta : Menjadi tamu Alloh  memang semua  dikembalikan kepada Sang pemilik rumah, Alloh  Shubhanawattala.

Sebab jika Alloh belum berkehendak  untuk menjadi tamunya   meski sudah cukup sabar  menunggu puluhan tahun  tidak akan terlaksana.

Tetapi sebaliknya  jika Alloh  sudah berkehendak   untuk memenuhi panggilannya  menjalankan rukun islam ke 5, menuju Baithullah  maka semau akan dipermudah.

Kenyataan dan rahasia  Alloh  itulah yang disadari benar  calon jemah haji  asal Karasura  Murni Handayani (55), wanita PNS yang sudah mendaftar  sejak tahun 2011 itu, akhirnya  harus  iklas  dan menerima kenyataan  untuk tidak dapat berangkat  ketanah  suci  bersama suaminya  dikarenakan adanya pandemi  covid 19.

Dengan penuh haru  Murni Handayani mengaku  perasaan kecewa  karena  berbagai persiapan  sudah dilakukan mulai  kelengkapan administrasi  seperti  paspor, kelengkapan kependudukan, tes kesehatan, mengikuti manasik  sejak  awal tahun  di beberapa tempat, hingga  pelunasan ONH, tetapi harus iklas  karennya, semua  dianggap  sebagai ujian kesabaran.

“ Kecewa sih pasti, karena kami secara mental memang sudah siap berhaji tahun ini. Mulai dari  Manasik yang sudah kami lakukan beberapa kali, hingga penulasan ONH. Namun bagaimana lagi, karena pemerintah Arab Saudi memang tidak memperbolehkan ada haji tahun 2020 ini akibat Corona,” ungkap Murni, Selasa (11/08/2020).

Menruutya, tertundanya berhaji pada tahun 2020 ini justru  ada hikmah  yang dapat di  petik, untuk lebih memperdalam  dan memantapkan persiapan bidang agama  maupun kesehatan.

Lebih lanjut Murni Handayani juga mengaku  sebagai wanita  muslim, sangat ingin sesegera mungkin  menjalankan ibadah haji, mengingat  usianya  yang sudah cukup  tua.

Kerinduan   berkunjung ke  baitullah sering  mengusik  hati  dan pikirannya  meski sudah  2 kali menjalankan ibadah  umroh  atau haji kecil, namun  belum lengkap  jika belum melaksanakan rukun  islam ke 5.

“ Jelas kami, tetap ingin secepatnya menuju ke tanah suci, semoga pandemi segera berakhir sehingga tahun depan kami bisa berangkat,” harapnya.

Sebenarnya  jika  tidak  penundaan, Murni  yang bertempat tinggal  di Makam haji  Kartasura  ini, berangkat  bersama suami dan kedua  kakaknya  yang sudah masuk kategori  risti  karena usia  diatas 70 tahun. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00