Belum Cair, Gaji ke 13 ASN Karanganyar Tunggu Perbub

KBRN, Karanganyar: Pencairan gaji ke 13 bagi Aparatur Sipil Negara ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Karanganyar masih harus menunggu penyusunan regulasi peraturan bupati (perbub). Para ASN diharap bersabar hingga proses pencairan selesai dikerjakan.

Dikonfiramasi RRI di kantor Setda Karanganyar, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar Kurniadi Maulato menjelaskan pemberian gaji ke 13 bagi ASN sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) no 44 tahun 2020. Saat ini, tahap pencairan untuk ASN di Karanganyar masih dalam proses penyusunan draf peraturan bupati (Perbub) sebagai tindak lanjut PP no 44 tahun 2020 tersebut.

"Gaji ke 13 ini sudah diatur dalam PP 44 tahun 2020, jadi untuk di Karanganyar kita masih menyusun perbub untuk menindaklanjuti peraturan itu," jelas Kurniadi kepada wartawan di kantor setda Karanganyar, Selasa (11/8/20).

Kurniadi, sapaan akrabnya menuturkan, anggaran yang disiapkan pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk pencairan Gaji ke 13 tahun 2020 sebesar 43 miliyar. Nantinya, anggaran 43 miliyar tersebut, akan diberikan kepada 9000an ASN di Kabupaten Karanganyar

"Untuk anggaran yang sudah kita siapkan sekitar 43 miliyar, nanti itu untuk 9000an ASN," ungkapnya.

Sementara, Lanjut Kurniadi, untuk besaran gaji 13 bagi setiap ASN berbeda-beda, lantaran menyesuaikan dengan jumlah maksimal besaran penghasilan yang diterima ASN pada bulan Juli lalu.

"Kalau besaran itu sama dengan jumlah penghasilan ASN di bulan juli," katanya.

Lebih lajut, Kurniadi mengatakan meski masih dalam tahap penyusunan peraturan Bupati, namun pihaknya mengupayakan pencairan gaji ke 13 di Karanganyar dapat terealisasi pada bulan agustus ini.

"Kita tetap upayakan untuk bisa kita realisasikan bulan Agustus ini," terangnya.

Sementara itu, menurut salah satu ASN Pemkab Karanganyar Suparjo, gaji ke 13 penting bagi para ASN, pasalnya dapat segera dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

"Kalo gaji ke 13 ini sangat penting ya, karena bisa membantu memenuhi kebutuhan rumah, juga untuk bayar kebutuhan sekolah, seperti sepatu, baju, maupun buku anak," terangnya.

Suparjo berharap pencairan gaji ke 13 tersebut dapat segera terealisasi agar bisa segera dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00