Puluhan Rokok Ilegal Masih Beredar Di Klaten

Tim gabungan sidak rokok ilegal
Tim gabungan sita rokok ilegal hasil razia

KBRN,Klaten: Tim gabungan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Solo serta Satpol PP Klaten,TNI Polri dan instansi terkait lainnya menyita puluhan bungkus rokok ilegal dalam operasinya diwilayah Kabupaten Klaten.Rokok tanpa cukai resmi tersebut  marak beredar di Kabupaten Klaten wilayah pinggiran.

Kasi Penindakan Satpol PP Klaten, Sulamto mengatakan puluhan bungkus rokok ilegal itu  diamankan dari sejumlah toko kelontong di Kecamatan Prambanan, Gantiwarno, Ngawen, dan Karangnongko.Dalam operasi itu tim gabungan berhasil mengamankan 85 bungkus rokok tanpa cukai.

"Tadi kita menggelar razia keberadaan rokok ilegal. Dalam razia kali ini kita koordinasi dengan pihak Bea Cukai," ujar Sulamto saat ditemui usai razia hari Kamis (6/8/2020) kepada wartawan.

Puluhan bungkus rokok yang berhasil disita kata Sulamto diedarkan oleh sales dengan harga yang murah hanya bekisar Rp.6000 perbungkus dan itu cukup disenangi oleh masyarakat. Rokok ilegal itu namanya disamarkan dengan jenis rokok tertentu.

Sedangkan Plt Kepala Satpol PP kabupaten Klaten Rabiman  mengatakan operasi yang dilakukan seca gabungan itu  dalam upaya  melakukan pencegahan peredaran rokok ilegal. Peredaran rokok ilegal atau tanpa cukai tersebut akan merugikan negara karena mereka tidak dikenakan pajak.

"Ini juga memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa pelanggaran tentang peredaran rokok tanpa cukai tersebut sanksinya cukup berat hukumannya satu sampai lima tahun," kata Rabiman. 

Terhadap warung atau toko kelontong yang menjual rokok ilegal itu untuk sementara  hanya diberikan pembinaan  untuk tidak mengulanginya lagi. Dalam opersi itu petugas juga melakukan penempelan stiker di warung-warung kelontong   larangan menjual rokok ilegla. (Desk: Arga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00