Pasien Covid-19 Jika Tidak Bergejala , 10 Hari Isolasi Otomatis Dinyatakan Sembuh .

KBRN Boyolali :  Kabar gembira bagi pasien Covid-19. Jika tidak bergejala atau memiliki gejala ringan, 10 hari isolasi otomatis dinyatakan sembuh sendiri.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri S Lina, Rabu (06/08/2020) di kantornya.

Dikatakan, untuk kesembuhan sekarang kita mengikuti pedoman yang baru, Kemenkes (Keputusan Menteri Kesehatan) nomor 413 tahun 2020  kreterianya agak berbeda dengan yang dulu.

Ratri S Lina menyebut jika sebelumnya pasien Covid-19 baru dinyatakan sembuh setelah hasil tes swab 2 kali berturut-turut negatif tetapi mulai saat ini, kesembuhan juga dilihat dari konfirmasi pasien Covid-19..

“Apakah pasien Covid-19 ini terkonfirmasi simptomatik (memiliki gejala) atau asimptomatik (tanpa gejala atau yang dulu disebut OTG). Khusus untuk pasien yang memiliki gejala dengan kategori berat, baru dinyatakan sembuh dari tes swab, namun hanya 1 kali saja,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kesembuhan pasien dengan gejala ringan atau sedang dan pasien covid-19 asimptomatik ini tidak perlu lagi diswab. Ketiga kreteria ini, langsung bisa dinyatakan sembuh setelah melewati masa isolasi selama 10 hari.

“Jadi begitu dinyatakan positif. 10 hari kemudian kalau tidak (mengalami) batuk, pilek, panas. Langsung selesai dinyatakan sembuh,” tukasnya.

Akan tetapi  jika dalam jangka waktu 10 hari, pasien konfirmasi ini mengalami batuk, pilek dan panas, waktu isolasi ditambah tiga hari lagi. Dan setelah itu langsung dinyatakan sembuh.

Menurutnya, dengan kreteria kesembuhan baru ini, banyak pasien Covid-19 di Boyolali dari klaster-klaster besar sudah sembuh. Seperti 20 pasien covid-19 dari Klaster Lamaran, Desa Gondangslamet, Kecamatan Ampel sudah sembuh semuanya.

“ Untuk Klaster Sampetan, Kecamatan Gladagsari juga sudah selesai isolasi atau dinyatakan sembuh,” pungkasnya . (Kisno)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00