Bantu Korban Ledakan Lebanon, PMI Solo Kirim 180 Kantong Darah

Walikota solo Fx Hadi Rudyatmo sumbang darah ke PMI Solo

KBRN, Surakarta: PMI Solo segera  mengirim 180 kantong darah ke PMI Pusat sebagai upaya mendukung program dan ajakan PMI Pusat kepada seluruh PMI di daerah agar mengirimkan seribu kantong darah guna membantu korban ledakan di Beirut- Lebanon.

CEO PMI Solo Sumartono Hadinoto saat dikonfirmasi RRI mengatakan, pengiriman ini tentunya menyesuaikan jumlah stock darah yang ada di PMI Solo, saat ini jumlah stock darah PMI lebih dari 1500 kantong yang merupakan batas aman jumlah stock darah PMI.

"”Saat ini kami stock 1500 sekian, jadi memang batas aman stock darah PMI Solo 1500 sampai 2000, makanya kami segera akan mengirimkan walaupun itu tentunya mengurangi stock aman kami," ungkap Sumartono kepada RRI, Kamis (6/8/20).

Meski masih  dalam kategori aman, lanjut Sumartono, dengan mengurangi jumlah stock yang ada, maka jumlah stock aman darah di PMI Solo tentunya akan berkurang. Oleh karena itu Sumartono menghimbau kepada masyarakat kota Solo agar bisa membantu korban ledakan di Beirut dengan berdonor.

"Dengan menghimbau kepada segenap masyarakat, kami berharap stock segera kembali aman, dan ini kelihatannya sudah banyak respon dari masyarakat yang akan berdonor untuk dikirimkan ke Beirut atau pengganti darah yang akan kami kirim hari ini,” ujarnya. 

Sementara itu Manager Kualitas Unit Donor Darah-UDD PMI Solo Dokter Christina R,Msi mengatakan, 180 kantong darah yang akan dikirim terdiri dari 50 kantong sel darah merah atau Packed Red Cell-PRC dan 130 kantong Plasma Beku atau Fresh Frozen Plasma-FFP yang sangat dibutuhkan bagi korban luka karena ledakan.

”Kita prediksi banyak korban yang berjatuhan, pasti ada yang luka bakar ya, kita PMI Solo ikut berpartisipasi dengan mengrimkan darah dalam bentuk PRC atau Packed Red Cell dan Fresh Frozen Plasma, sel darah merah dan plasma beku,” ungkapnya.

Adapun menurut rencana pengiriman bantuan 180 kantong darah ke PMI pusat ini akan menggunakan cargo pesawat, bekerja sama dengan Garuda dan diharapkan akan sampai ke PMI Pusat hari ini juga agar bisa segera dikirim ke Beirut-Lebanon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00