Warga Krakitan Bayat Klaten Pasang Bendera Merah Putih Sesuai Usia Kemerdekaan

KBRN,Klaten: Sebuah rumah tua di terletak di kampung Bugel RT 01 RW 16 tampak meriah  oleh bendera merah putih yang pasang  berjajar di pagar  rumah tersebut. Jumlahnya sebanyak 75 buah dengan ukuran 180 x 90 cm dan 90 x 60 cm bahkan ada bendera yang usianya sudah lebih dari 35 tahun

"Pemasangan bendeera merah putih tersebut dilakukan setiap bulan agustus  selama  satu bulan penuh dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Repbulik Indonesia," ungkap pemilik rumah Asim Sulistyo kepada wartawan hari Selasa (4/8/2020).

Setiap tahun bendera yang dipasang selalu berubah atau bertambah sesuai dengan tahun kemerdekaan dan untuk tahun ini sebanyak 75 bendera. Pemasanan bendera merah putih  tersebut  dilakukan sejak orang tuanya masih ada dan  akan  terus berlanjut.

"Bapak saya berpesan agar pasang bendera terus dilakukan setiap tahun.Tujannya untuk memotivasi dan menyadarkan kepada masyarakat tentang  makna kemerdekaan, " kata Asim Sulistryo yang juga seorang guru  Seni budaya di SMP Negeri Tiga Bayat.

Ia berharap  dengan adanya pemasangan bendera merah putih itu akan menjadi pendorong  generasi muda dan juga masyarakat diwilayah itu untuk selalu mengenang perjuangan bangsa.Diakui dulunya diwilayah itu jarang yag mengibarkan bendera namun kini telah berubah setiap gang dan rumah warga sudah  memasang bendera meraha putih.

Ketua Rt satu  Rw 16 Dukuh Bugel Sayuti mengakui pada awalnya memang banyak yang tidak mengetahui maksud  pak Isam memaang bendara  yang cukup banyak  yang berjajar di pagar rumahnya. Pada akhirnya  merekapun menyadari  pemasangan bendera merah putih tersebut  sebagai salah satu nasionalesme  dan  cinta tanah air.

"Dulu jarang sekali, namun sekarang tanpa disurug pak RT mereka sudah pasang," tandas Sayuti. Adam suanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00