Destinasi Sepi, Dinas Pariwisata Solo Siapkan Berbagai Strategi

KBRN, Surakarta : Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, menyebabkan pengunjung di sejumlah destinasi wisata di Kota Solo berkurang drastis. Kebanyakan masyarakat lebih selektif dalam menentukan destinasi wisata yang menjadi tujuan favorit ditengah pandemi.

Kepala Dinas Pariwisata kota Solo Hasta Gunawan menyatakan, Dibandingkan wisata di dalam kota, mereka lebih memilih wisata ke luar kota dengan nuansa alam seperti : pegunungan, pantai, bukit, hingga hutan. Mereka  mengklaim wisata alam ke luar kota, mampu menciptakan pikiran yang lebih segar dan postif.

“Kunjungan ke destinasi wisata , mereka rata rata menyerbunya di alam terbuka seperti Tawangmangu, pantai, Kebun teh Kemuning, Merapi. Kalau-pun di dalam Kota yang dituju kuliner,” ungkap Hasta Gunawan ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu ( 5/8/2020 ).

Tempat destinasi wisata yang mengalami penurunan pengunjung setelah dibukannya kembali salah satunya Balekambang. Kepala UPT kawasan Balekambang Solo  Sumeh mengaku, Belum ada peningkatan segnifikan sejak dibukanya kembali destinasi yang berada di jantung Kota  tersebut.

“Saat pandemi jarang orang orang keluar, padahal retribusi di Balekambang kan gratis,” kata Sumeh.

Menyiasati persoalan itu Dinas Pariwisata akan mengupayakan untuk tetap menggelar berbagai kegiatan budaya di Kota Solo seperti Solo Iternational Performing Art ( SIPA ) dan Solo Batik Fashion,  dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 secara ketat, serta menyebarluaskan ke publik secara virtual.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00