25 Nakes di Sukoharjo Positif Corona, 3 Puskesmas Kembali Ditutup

KBRN Sukoharjo : Jumlah Tenaga kesehatan (nakes) di Sukoharjo yang terpapar Virus Corona terus bertambah.

Berdasarkan update per 16 Juli 2020, terdapat 25 nakes dari tiga Puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid 19 yakni dari Puskesmas Mojolaban, Bulu dan Puskesmas Kartasura.

“ Ya, kasus Covid 19 di Sukoharjo ada penambahan 25 kasus baru yang semuanya berasal dari nakes. Dari jumlah tersebut terdapat beberapa nakes yang bukan warga Sukoharjo,” ungkap Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Kabupaten Sukoharjo dokter Yunia Wahdiyati, Kamis (16/07/2020).

Menurutnya, penambahan 25 nakes tersebut 11 dari Puskesmas Mojolaban, 13 Puskesmas Kartasura dan Puskesmas Bulu 4 nakes.

“Tim Gugus juga masih melacak sumber penularan para nakes terutama kontak erat baik di internal Puskesmas maupun dari pihak keluarga. Para nakes yang positif Corona tersebut juga langsung diminta melakukan isolasi mandiri termasuk isolasi di rumah sehat Covid 19,” ujarnya.

Dikatakan, atas kasus tersebut Dinas Kesehatan kabupaten DKK Pemkab Sukoharjo untuk sementara menutup tiga puskesmas selama 14 hari. Terkait penutupan tiga Puskesmas tersebut untuk sementara pelayanan dialihkan ke Puskesmas terdekat.

“Layanan Puskesmas Kartasura dialihkan ke Puskesmas Gatak dan Baki, Mojolaban dialihkan ke Polokarto dan Grogol dan Puskesmas Bulu dialihkan ke Nguter dan Puskesmas Tawangsari. Sebelumnya Puskesmas Sukoharjo kota juga sudah ditutup,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Tim Gugus Tugas yang juga Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan mulai dari pake masker, cuci tangan menggunakan sabun dengan air air mengalir, dan jaga jarak.

“ Kami mohon kepada masyarakat untuk mematuhi protokoll kesehatan agar penularan Covid 19 dapat segera dihentikan,” tukasnya.

Kepada masyarakat yang berada di sekitar nakes yang positif Corona, Bupati Wardoyo Wijaya juga meminta dukungan moral dan tidak memberikan stigma negative.

“Dukungan perlu dilakukan agar para nakes dapat segera sembuh dan melakukan tugas kemanusian seperti biasa,” pungkasnya.  (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00