Kasus Positif Covid-19 Klaten Tambah 20, Total 89 Orang

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Klaten Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers.

KBRN, Klaten: Gugus Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Klaten Rabu (15/7/2020) mengumumkan penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 20 orang. Pasien tersebut berasal dari Kecamatan Klaten Utara lima orang, Kecamatan Tulung 12 orang, dan Kecamatan Polanharjo 3 orang.

Dari 20 pasien tersebut, sebanyak 19 orang dirawat di rumah sakit dan satu orang meninggal dunia. Dengan penambahan kasus tersebut jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 89 orang, sebanyak 37 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 47 orang sembuh, dan 5 orang meninggal dunia.

Ketua Gugus Tugas Penanganan covid 19 kabupaten Klaten Sri Mulyani mengatakan dengan adanya penambahan 20 orang terkonfirmasi positif tersebut  agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mengimbau dengan penambahan 20 tersebut masyarakat harus tetap tenang dan jangan panik," ungkap Sri Mulyani yang juga Bupati Klaten itu. 

Diakui, memang pasca lebaran kasus covid di Klaten memang cukup banyak. Hal itu terjadi karena mobilitas warga Klaten yang bekerja di luar cukup tinggi.

Pihaknya juga merasa kaget dengan informasi penambahan yang cukup banyak tersebut yang kemudian menggelar rapat koordinasi terbatas gugus tugas dengan para Camat. Gugus tugas tingkat Kecamatan dan Desa untuk melakukan pendataan warga yang bekerja diluar daerah.

"Saya minta gugus tugas Kecamatan dan Desa untuk mendata warganya yang bekerja dikuar Klaten. Jika memangkondisi kurang sehat disarankan untuk berisitrahat dirumah," imbuhnya. 

Sedangkan juru bicara gugus tugas  Klaten Cahyono Widodo mengatakan dari 20 pasien itu terbagi dalam dua titik klaster yang sama-sama bekerja di Kudus namun diwilayah yang berbeda.

Dikatakan lima pasien dari Kecamatan Klaten Utara berumur 7 sampai 72 tahun. Dimungkinkan terpapar dengan kasus terkonfirmasi positif covid-19 sebelumnya pada saat beraktivitas sehari-hari di rumah.

Sedangkan 12 pasien dari Kecamatan Tulung tersebut, sebanyak 11 orang dirawat di rumah sakit. Sementara satu orang meninggal dunia. Usia mereka 2 hingga 69 tahun di rawat di RSI dan Bagas Waras Klaten.

Sedangkan tiga pasien dari Kecamatan Polanharjo berumur tujuh sampai 31 tahun. RRI Adam Sutanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00