Jelang Idul Adha DPKPP Klaten Gencar Periksa Hewan Korban

Dokter Hewan Dinas Peternakan Klaten memeriksa sapi jelang pelaksanaan Idul Adha.

KBRN, Klaten: Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten terus gencar menjelang pemotongan hewan kurban. Pemeriksaan hewan  kurban dilakukan tim, baik di pasar  hewan maupun di pengepul. 

"Pemeriksaan kesehatan hewan  ini penting untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan kurban. Pemeriksaan hewan kurban dalam hal kesehatannya," ungkap Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klaten Widianti kepada Wartawan, disela pemeriksaan hewan di Pasar Jatinom, Selasa (17/7/2020).

Pihaknya juga sudah membagi  tim  untuk melaksanakan pemeriksaan hewan korban tersebut. Kegiatan itu akan dilaksanakan hingga menjelang pelaksanaan Idul Adha.

Sedangkan Dokter Hewan Dwi Pujiningasih mengatakan secara umum hewan kurban yang  dilakukan pemeriksaan dalam keadaan sehat dan tidak  ditemukan adanya hewan yang  sakit. Untuk hewan korban syaratnya giginya sudah tangkal (poel) atau lebih dari dua tahun dan  juga sehat.

"Untuk melaksanakan korban harus sesuai dengan syariat Islam yakni yakni jantan, gigi sudah tangkal atau poel (dua tahun). Selain itu  tidak beringus dan kaki tidak bengkok," kata Duwi.

Selain melakukan pemeriksaan hewan korban di  pasar hewan Jatinom tim juga melakukan pemeriksaan hewan di pengepul milik Bapak Suryono yang ada di wilayah itu. Halnya seluruh hewan kurban dalam keadaan sehat. Adam Sutanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00