Empat Nakes Positif Corona, Puskesmas Sukoharjo Kota Tutup Selama 14 Hari

KBRN Sukoharjo : Lima tenaga kesehatan (nakes) di Sukoharjo yang terkena positif corona dalam update per 13 Juli merupakan nakes Puskesmas.

Masing-masing empat nakes Puskesmas Sukoharjo dan satu Puskesmas Baki. Untuk itu, pelayanan di Puskesmas Sukoharjo ditutup selama 14 hari mulai 14-29 Juli.

Gugus tugas akan melakukan desinfeksi sembali menunggu hasil pelacakan lebih lanjut.

“Jadi, dari lima nakes tersebut empat diantaranya merupakan nakes Puskesmas Sukoharjo sehingga pelayanan ditutup 14 hari. Sementara pelayanan dialihkan ke Puskesmas Bendosari dan Puskesmas Nguter,” jelas Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, dokter Yunia Wahdiyati, Selasa (14/07/2020).

Dikatakan, penutupan dilakukan untuk Puskesmas Induk, Puskesmas Pembantu dan rumah bersalin.

“Penutupan sendiri dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran virus. Untuk sumber penularan sendiri, masih dalam pelacakan gugus tugas,” ujarnya.

Disinggung untuk nakes yang bekerja di Puskesmas Sukoharjo lainnya, dokter Yunia mengatakan semuanya menjalani karantina mandiri selama 14 hari. Pasalnya, nakes lain otomatis menjadi kontak erat dengan empat nakes yang terkonfirmasi positif tersebut.

“Empat nakes Puskesmas Sukoharjo yang positif tersebut terdiri dari dua bidan, satu perawat, dan satu sopir ambulans,” tuturnya.

Ditambahkan, untuk satu nakes lain yang positif merupakan nakes di Puskesmas Baki. Untuk sumber penularan sendiri, belum dapat dipastikan karena masih dalam pelacakan. termasuk kontak eratnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00