Update Covid 19 Karanganyar, Tambah 8 Kasus, 1 Diantaranya Anak Umur 3 Tahun

KBRN, Karanganyar: Kasus positif covid-19 di kabupaten Karanganyar melonjak drastis, dalam sehari, 8 warga Karanganyar terkonfirmasi positif covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar Purwanti menjelaskan dari 8 kasus positif baru tersebut 7 diantaranya orang dewasa dan 1 orang merupakan anak balita berumur 3 tahun.

"Iya ada tambahan 8 kasus baru, 6 warga kecamatan karanganyar, 1 warga kecamatan Gondangrejo dan 1 warga asal kecamatan Colomadu namun berdomisili di kabupaten Sukoharjo," jelas Purwanti saat dikonfirmasi RRI, Senin, (13/7/20).

Purwanti mengungkapkan, 6 warga kecamatan Karanganyar yang terkonfirmasi positif merupakan hasil tracking kontak erat pasien positif yang juga asal karanganyar. Sementara warga Gondangrejo diketahui terpapar covid-19 setelah melakukan test swab mandiri saat akan melakukan perjalanan keluar kota.

"6 orang itu yang kemarin sempat kontak erat sama pasien asal kecamatan karanganyar, satunya itu pelaku perjalananan, dia pedagang, mau balik jualan ke luar kota swab test mandiri hasilnya positif," bebernya.

Sedangkan, lanjut Purwanti, seorang anak balita berumur 3 tahun asal kecamatan colomadu merupakan anak dari seorang tenaga kesehatan disalah satu rumah sakit swasta di solo  yang sebelumnya dinyatakan positif.

"Ya, satunya itu anak anak, umur sekitar 3 tahun, dia itu asli karanganyar, tapi domisilinya di Sukoharjo,belum ngurus surat pindah jadi masuk ke data kamu, orang tuanya naske di rumah sakit swasta Solo," ungkapnya. 

Purwanti menambahkan 7 warga asal kecamatan karanganyar dan Gondangrejo saat ini menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat lantaran termasuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Sedangkan 1 anak balita di rawat di salah satu rumah sakit swasta di Kota Solo.

"Tujuh orang itu mereka isolasi mandiri, jadi yang karanganyar sama Gondangrejo, karena mereka itu OTG, kalo yang dirawat cuman 1, anak nasek itu, rawatnya di rumah sakit Solo," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Karangayar Juliyatmono mengatakan Selain adanya tambahan delapan orang pasien Covid-19, juga terdapat enam orang pasien OTG asal kecamatan Jumapolo yang menjalani sebelumnya menjalani karantina mandiri dinyatakan sembuh. 

"Memang ada yang sembuh, itu yang kemarin kontak pasien klaster pumudik Jumapolo, mereka test swab keduanya negativ, dinyatakan sembuh," ungkapnya.

Adapun berdasarkan data Dinas Kesehatan Karanganyar, Kasus Akumulatif Positif Covid-19 61 kasus dengan rincian dalam perawatan 16 orang, 3 meninggal, 42 sembuh, sedangkan kasus PDP 18 orang, dan ODP 9 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00